Karlahut Mulai Muncul, 2 Hektar Lahan di Kubu Terbakar.

KUBU –  jurnalpolisi.id

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai muncul di Kecamatan Kubu tepatnya di Kepenghuluan Sungai Segajah Makmur, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Api berhasil membakar dua hektar lahan gambut semak belukar milik masyarakat. Aparat Kepolisian Polsek Kubu berklaborasi dengan pemerintah Kepenghuluan Sungai Segajah Makmur dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku melakukan pendalaman dilokasi kebakaran.

“Ya benar, lahan masyarakat, ada dua hektar lahan gambut milik masyarakat terbakar,” kata Penghulu Sungai Segajah Makmur, Dwi Rimawan kepada Wartawan belum lama ini.Api muncul dampak dari cuaca exstri panas yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Kebakaran lahan ini cukup menyibukkan semua pihak dalam upaya melakukan pemadaman dan pendinginan.

“Pemerintah Kepenghuluan bersama aparat kepolisian dari Polsek Kubu dibantu TNI, cukup tanggap melakukan pemadaman,” akunya.Sejauh ini kata Penghulu, api sudah dapat dijinakkan hanya saja petugas terus melakukan pendinginan dilokasi kebakaran lahan tersebut.

“Beberapa hari terakhir ini kita terus melakukan pemadaman dan pendingan bekas lahan yang terbakat dengan menggunakan peralatan yang ada,” katanya.Datuk Penghulu menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan denga cara di bakar terlebih saat ini musim kemarau sangat rentan terjadi kebakaran lahan.

“Kita minta warga masyarakat agar memantau lahan masing-masing khusunya yang memiliki lahan gambut, warga masyarakat himbau agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar karena itu bisa berakibat fatal, selain sangsi pidana, juga berefek buruk terhadap kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Sub Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *