BMKG Pantau Lima Hotspot di Dumai, Wilayah Sumatera Terdapat 69 Titik

PEKANBARU,   jurnalpolisi.id

Kemarau panjang sejak beberapa pekan belakangan menyebabkan hotspot meningkat. Pantauan Kamis (20/04/23), terdapat lima titik api di Dumai serta satu titik di Kuansing.

“Untuk wilayah Riau ada enam hotspot tersebar di Kota Dumai lima titik, dan Kuantan Singingi satu titik,” ujar petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agua.

Ia mengatakan satelit mendeteksi hotspot terbanyak di Bangka Belitung. “Total titik panas di Pulau Sumatera ada 69 titik, terbanyak di Bangka Belitung 24 titik. Lalu Lampung delapan titik, Jambi delapan titik, Sumatera Barat sembilan titik,” sebut Ahmad Agus.

“Kemudian Aceh ada empat titik panas, Sumatera Selatan enam titik, dan Kepulauan Riau empat titik.

Untuk prakiraan cuaca, BMKG peringatkan masih ada potensi hujan pada siang dan malam hari. Prakiraan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter.

Sebelumnya, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau. Bahkan BPBD Provinsi Riau sudah meminjam helikopter pemadam Karhutla dari pemerintah pusat.

Sub Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *