Warga Masyarakat Hutan Panjang Hadiri Acara Pemakaman Ketua Suku Akit

Bengkalis-jurnalpolisi.id

Kepergian Bapak Amirudin atau nama tenarnya Wak Amoy menghadap Sang Pencipta menimbulkan kesan yang mendalam buat keluarga dan masyarakat desa hutan panjang tidak hanya Masyarakt setemapat juga di hadiri pelayat dari desa” Pemakaman Beliau. warga dari berbagai daerah nampak hadir di kediaman Almarhum untuk memberikan penghormatan terakhir, di samping menguatkan rasa berduka bagi keluarga dengan kata kata penghiburan atau turut Berduka cita.

Bapak Amirudin semasa hidupnya adalah tokoh Masyrakat Suku Akit di Desanya dan beliau cukup disegani oleh masyarakat dari suku lainnya yang ada di desa hutan panjang jg Pulau Rupat. Karena Kepiawan Beliau dalam menjalinkan hubungan sesama etnis yang ada di Pulau Rupat. Selain itu Almarhum juga merupakan Anak dari Almarhum Batin Gelimbing mantan Kades Desa hutan panjang.tersebut juga cucu dari batin pas.dan keluarga beliau jugalah sebagai Sesepuh Desa Hutan Panjang. Almarhum Wak Amoy, Dia diangkat menjadi Batin Suku Akit Desa tersebut selama 27 Tahun.

Adapun Almarhum amirudin/Wak Amoy meninggal pada hari Rabu, (1 Maret 2023) sekira pukul 10,45 wib dan Jasad Beliau Di Kremasi di rumahnya secara agama Budha juga secara suku akit saat sebelum di makamkan pada hari Jumat (3 Maret 2023) sekira pukul 14,00 wib. Walaupun dalam suasana yang berduka dengan hujan rintik-rintik tidak menyurutkan kehadiran ribuan pelayat dari berbagai kaum, tokoh Agama, tokoh Adat dan beberapa Kepala Desa untuk mengantarkan Jenazah beliau ke tempat peristirahatan yang terakhirnya.

Acara pelepasan jenazah betempat di rumah almarhum. Dihadiri Kepala Desa Hutan Panjang Pak Amran, dalam sambutannya ia mengatakan, “Kami dari Pemdes Hutan Panjang mengucapkan Duka yang mendalam, banyak jasa yang telah Almarhum tabur demi kemajuan Suku Akit di desa ini dan di pulau Rupat khususnya. Selain itu dalam perihal kemajuan desa beliau juga merupakan sosok yang peduli pembangunan. Untuk itu kita telah sepakat semua anak laki-laki beliau yaitu bapak Askar Dianto sebagai penerus almarhum menjadi Batin Suku Akit seterusnya.” Kata Kades Hutan Panjang pak Amran pada sambutannya.

Kades Hutan Ayu bapak Petrus, SH juga dalam sambutannya menyampaikan duka cita yang mendalam. Beliau berharap dengan kepergian Almarhum, Generasi baru sebagai tokoh Adat Akit perggantinya. “Jangan dengan kepergian Almarhum menjadikan adat istiadat kita mati. Justru kita sebagai generasi akan lebih giat lagi meneruskan semangat almarhum, agar adat istiadat itu tetap terjaga. Tidak hanya buat kita tapi bagi generasi yang akan datang, kita jaga lebih baik dan sempurna lagi sebagai bukti bakti kita kepada para pendahulu yang telah mewariskannya kepada kita demi anak cucu.” Ungkap Petrus, SH penuh harap.

Mewakili pihak keluarga Bapak Agong/anggat yang juga adik dari Almarhum menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemdes.n yang hadir. Juga ucapan maaf dari pihak keluarga jika ada kesalahan almarhumah semasa hidupnya. ” Dalam keadaan Duka yang mendalam kami dari pihak keluarga memgucapkan rasa terimakasih yang sebesar besarnya atas kehadiran sahabat dan kerabat pungkas Agong/anggaran adik dari juga. Ank laki-laki bapak amirudin(askar dianto)

Menjelang pengantaran pemakaman langit masih di hiasi dgn rintik” Hujan. Seolah olah merasa kehilangan dengan kepergiannya. Dihadiri ratusan pelayat jg masyarakat desa hutan panjang yg merasa sangat kehilangan seseorang tokoh panutan juga.kerabat dan para pelayat untuk mengantarkan belaiu ke pekuburan. Di ada kan penghormatan terakhir, penari adat dan pencak silat sebagai simbol adaistiadat suku akit di pulau rupat. juga memberikan penghormatan kepada tokoh suku adat yg di hormati ini dengan penuh rasa patah tumbuh suku akit yg berada di pulau. rupat.

Selamat di alam baru ny Wak Amoy, tokoh yang dengan senyum dan gurau canda semasa hidupnya. Sosok yang telah pergi buat selama meninggalkan seorang istri dan beberapa ank. Jg cucu cicit

Wak Amoy terlahir pada tgl 04 September 1948 ini tutup usia pada 75 tahun. Dan juga manjabat kepela suku akit yg paling lama juga yg tertua di Desa hutan panjang bapak amirudin/wak amoi masih sebagai kepala suku aktif sampai beliau meng hembus kan napas terakhirnya tgal 1/2/2023 di rumah kediaman nyDesa Hutan Panjang dan di kremasikan
di tempat peristrahatan terakhir di TPU/tempat pemakaman umum desa hutan panjang( Asmadi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *