Tujuh Calon Perangkat Desa Sindang Dilantik, Setelah Satu Tahun Tertunda.

PURBALINGGA  –  jurnalpolisi.id

Tujuh peserta yang lolos dalam Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) pada tahun 2021 lalu, di Desa Sindang, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, akhirnya diambil sumpah dan dilantik oleh Pj Kepala Desa (Kades) Suwanto, bertempat di Aula balai desa setempat, Jum’at (17/03/2023).

Pj Kades Sindang Suwanto Saat di wawancarai media mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan tujuh peserta calon perangkat desa untuk tujuh formasi ini, menindaklanjuti dari usulan laporan hasil P3D oleh panitia pada tahun 2021 dahulu.

“Dari laporan Panitia P3D tahun 2021, kemudian saya bersurat ke Camat Mrebet untuk minta rekomendasi untuk dilaksanakan pelantikan dari tujuh calon perangkat desa hasil P3D,” katanya.

Pj Kades Suwanto menambahkan, sebelum Camat memberikan rekomendasi, kata dia, Camat meminta petunjuk ke Bupati, terkait P3D yang sudah satu tahun belum juga dilantik.

“Kemudian Bupati memberikan disposisi kepada Camat Mrebet melalui bagian pemerintahan bahwa, proses tahapan P3D di desa Sindang sudah sesuai prosedur, dan sesuai hasil putusan Pengadilan bahwa pelaksanaan P3D di desa Sindang sudah sesuai peraturan,” imbuh Pj kades Suwanto.

Selain itu, Suwanto, juga mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas semua kekurangannya, kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan ini, meskipun kami selenggerakan dengan sangat sederhana.

“Acara pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan ini, murni menggunakan Anggaran Belanja Pendapatan Desa, tanpa meminta sumbangan atau saweran dari para peserta terlantik,” imbuh Suwanto.

Kami juga berharap kepada tujuh peserta yang baru dilantik, untuk siap bekerja dan bisa membawa perubahan desa Sindang lebih maju lagi dan makin sejahtera warganya.

‘Bekerja untuk mengabdi kepada pemerintah dan masyrakat, jangan mengadakan syukuran atau euforia yang berlebihan, seperti nanggap organ dan Ebeg,” ujarnya.

Sementara itu,Dedhy Kurniawan Kl.S.STP M si.Camat Mrebet dalam sambutannya menyampaikan, dalam pelaksanaan penjaringan perangkat desa yang sangat berliku – liku dan melalahkan, sudah satu tahun lebih, tiba saatnya hari ini diadakan pelantikan.

“Mulai sekarang kepada perangkat desa yang baru, harus berkolabarasi dan koordinasi dengan semua pihak, karena desa Sindang punya potensi yang sangat tinggi, pahami regulasi, agar Desa Sindang lebih maju lagi,” ujarnya.

Ditekankan Camat Mrebet, seluruh perangkat yang baru terlantik setelah memahami Regulasi harus pandai melihat potensi yang ada khususnya di Desa Sindang dengan dipunyai Anggaran Belanja Desa mencapai Rp.2 Milliar.

“Berharap mampu memunculkan inovasi dengan Anggaran Belanja Desa yang sangat tinggi, dapat lebih cepat untuk meningkatkan kapasitas dibandingkan desa lain.Jadilah lilin – lilin kecil yang mampu menerangi kegelapan di Desa Sindang ini,” tandas Camat Mrebet.

Turut hadir dalam acara, Forkompimcam kecamatan Mrebet, Dinpermades purbalingga, kasiTapem purbalingga, tokoh agama/masyarakat desa Sindang, rt/rw se desa Sindang, keluarga terlantik. LSM- GAB (Gerakan Anak Bangsa), LSM-GRIB ( Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu).

Pewarta : ansor ( jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *