Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Petani Milenial Maluku Tawarkan Minyak Goreng Kelapa Ke Masyarakat.

Ambon –  jurnalpolisi.id

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstrak dari daging buah kelapa. Berdasarkan teknik ekstraksinya, minyak kelapa bisa dikelompokkan atas tiga jenis: Minyak Kelapa Virgin, Minyak Kelapa Non-RBD, dan Minyak Kelapa RBD, sumber Wikipedia.

Cara membuat minyak kelapa ala rumahan juga terbilang mudah. Menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah. Praktisnya, seperti merebus santan.
Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Petani Milenial Provinsi Maluku mengambil langkah nyata dalam mengolah daging kelapa menjadi minyak goreng, bahkan sabut kelapa yang dihasilkan pun bisa diolah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bernilai ekonomi.

Pertemuan itu Berlangsung di Kota Ambon, Provinsi Maluku, sejak Tanggal 14/03/2023, dengan Melibatkan beberapa lembaga diantaranya Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon, Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Maluku dan Balai Pelayanan Dan Jasa Industri.

Ketua DPD Gerakan Petani Milenial Maluku Petrus Emanuel Temorubun S. IP, menjelaskan bahwa, produk minyak makan murni non kolesterol ini harus dikembangkan untuk membantu kebutuhan masyarakat “kita tahu bahwa Maluku memiliki Sumber Daya Alam yang tidak terbatas, nah saatnya bagaimana peran semua pihak untuk memanfaatkan Sumber Daya yang ada dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan daerah ini.

Kami Gerakan Petani Milenial Maluku telah memproduksi minyak goreng kelapa dan membawa sampelnya untuk berkonsultasi terkait kajian akademik, izin edar dan dalam waktu dekat kami akan berkonsultasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Maluku untuk memastikan dukungan pemerintah terhadap kreativitas anak negeri untuk mengelola sumber daya alam dalam hal ini pohon kelapa” tegas Pemuda asal Pulau Kei Besar ini.

Lebih lanjut, Mantan Komda PMKRI Maluku tahun 2017-2019 ini mengatakan bahwa Hal ini sangat penting dalam membantu pemerintah dan masyarakat mendayagunakan potensi dari sektor pertanian.

Selain menjadi minyak, pohon kelapa juga dapat diolah serabutnya, batang dan daunya. “Tetapi, semua potensi itukan harus terjaga, dilestarikan dan tentang ketersediaan bahan baku, kita tahu bahwa desa desa di Provinsi Maluku memiliki ketersediaan pohon kelapa yang mampu memenuhi bahan baku untuk produksi minyak kelapa murni, sehingga menjadi berkah bagi masyarakat sekaligus mengembalikan marwah kelapa sebagai pohon kehidupan, Tutup Temorubun

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *