Bupati Teluk Bintuni Serahkan Secara Simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dan Distrik Se Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2023.

Ketengan Foto : Bupati Teluk Bintuni menyerahkan DPA kepada Perwakilan OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni.

Bintuni –  jurnalpolisi.id

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Sasana Karya, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. Jumat 3/03/2023 selain Dr. Ir. Petrus kasihiw MT, Wakil Bupati Matret Kokop SH, Turut Hadir Izak Lokon Asisten III Bupati sekaligus menjabat Plh Sekda, Wakil ketua II DPRD kabupaten teluk Bintuni Abraham Pongtuluran, Perwakilan Dandim 1806 Bintuni, Perwakilan Kapolres Teluk Bintuni, Perwakilan Kejari Kabupaten Teluk Bintuni, Kepala OPD dan kepala Distrik se kabupaten Teluk Bintuni.

Kata, Bupati, Semua Kepala OPD selaku pengguna anggaran, Setiap kepala OPD agar selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerah dengan baik, taat pada peraturan perundang-undangan, proporsional, optimal, efektif dan efisien. Serta Amanah dalam pelayanan masyarakat sesuai ketentuan undang – undang yang berlaku.

Program dan kegiatan yang dilakukan harus transparan, bertanggung jawab serta menjunjung tinggi azas keadilan, kepatuhan serta memperhatikan rencana dan prioritas program yang telah ditetapkan dengan mengedepankan azas manfaat dan berorientasi pada hasil yang memberi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan Mampu menjawab persoalan di masyarakat sesuai dengan kewenangan dan Tupoksi masing-masing. Ketus Bupati

Ia menambahkan DPA sebagai instrumen, APBD harus dengan disiplin baik dalam perencanaan dan diikuti dengan disipin agar semua kegiatan dapat diatur dengan baik sehingga tidak menumpuk di akhir tahun. Ketusnya

Lebih Lanjut Kasihiw menambakan, sebagai bentuk disiplin terhadap pertanggungjawaban anggaran. “Dan saya ingin menegaskan bahwa Uang Persediaan (UP) tidak akan diberikan kepada OPD yang belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahun Anggaran 2022 secara lengkap kepada BPKAD. Oleh karenanya, bagi OPD yang belum menyerahkan LPJ agar segera diselesaikan sehingga UP dapat segera diproses. Terang Bupati

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak semua komponen pemerintah daerah yang hadir saat ini, baik TNI, Polri, Kejaksaan, DPRD maupun seluruh masyarakat mari kita bersinergi dalam memantau, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan DPA Tahun Anggaran 2023 agar bernar – benar memberikan manfaat yang positif terhadap berbagai pelayanan publik di kabupaten teluk Bintuni.

Dengan sinergitas yang optimal di antara seluruh komponen pemerintah daerah, maka kita mampu menyatukan langkah dalam melaksanakan sistem keuangan daerah yang mampu dipertanggungjawabkan dengan baik, tertib administrasi, tepat sasaran dan tanpa ekses demi mewujudkan pembangunan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing,” tutur Bupati Kasihiw.

Dalam Penyerahan DPA itu Bupati Petrus Kasihiw mengingatkan beberapa hal kepada Kepala OPD selaku pengguna anggaran terkait penggunaan anggaran DPA yaitu, setiap kepala OPD agar selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerah dengan baik, taat pada peraturan perundang-undangan, proporsional, optimal, efektif dan efisien.

Program dan kegiatan yang dilakukan harus transparan, bertanggung jawab serta menjunjung tinggi azas keadilan, kepatuhan serta memperhatikan rencana dan prioritas program yang telah ditetapkan dengan mengedepankan azas manfaat dan berorientasi pada hasil yang seyogyanya dinikmati sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam Penyerahan itu, Bupati Teluk Bintuni dan Wakil Bupati serta Wakil Ketua II DPRD Teluk Bintuni membagikan DPA secara simbolis kepada 6 (enam) Dalam perencanaan dan diikuti dengan disiplin agar semua kegiatan dapat diatur dengan baik sehingga tidak menumpuk di akhir tahun. Ujar Bupati

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak semua komponen pemerintah daerah yang hadir di saat ini, baik TNI, Polri, Kejaksaan, DPRD maupun seluruh masyarakat mari kita bersinergi dalam memantau, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan DPA Tahun Anggaran 2023 ini.

Saya percaya, dengan sinergitas yang optimal di antara seluruh komponen pemerintah daerah, maka kita mampu menyatukan langkah dalam melaksanakan sistem keuangan daerah yang mampu dipertanggungjawabkan dengan baik, tertib administrasi, tepat sasaran dan tanpa ekses demi mewujudkan pembangunan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing,” Tutup Bupati Kasihiw.

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *