Bupati Adirozal Beserta Rombongan Hadir Dalam Panen Raya Kentang Di Desa Sungai Rumpun

Kerinci –  jurnalpolisi.id

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Danau Undan, Desa Sungai Rumpun Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi melakukan kegiatan panen raya kentang untuk kali ini di lokasi tanah TKD pada minggu (19/03/2023).

Setelah melakukan kegiatan penandatanganan dan peresmian Taman Wisata Bumdes Maro Alam Sungai Keluang, Rombongan Bupati langsung kelokasi tanah kas desa ( TKD ) yang di kelola oleh Bumdes untuk mengikuti prosesi Panen Raya Kentang.

Selanjutnya Bupati Kerinci Adirozal didampingi Ketua TP PKK Ibu Hj.Nailil Husna, Wakil Pimpinan DPRD Kerinci Boy Edwar dari Praksi Golkar, Anggota DPRD dari Praksi PAN Dosi Arapik, Camat Gunung Tujuh Rijjaludin serta Kapolsek Kayu Aro bersama sama melakukan Panen Kentang.

Setelah Prosesi Panen Raya Kentang, Bupati Kerinci Adirozal, berpesan menyampaikan kepada pengurus bumdes Danau Undan beserta anggota jaga kekompakan dan jangan sampai ribut di desa hingga sampai keluar, “hari ini kita ikut melaksanakan panen raya kentang yang di kelola BUMDes Danau Undan Desa Sungai Rumpun,” ucap Bupati dengan semangat dan gembira di dampingi ibu Ketua TP PKK Hj. Nailil Husna dan rombongan lainnya.

Kades Sungai Rumpun Herman berharap agar kedepannya dengan digunakannya lahan milik desa, bisa bekerja sama dengan masyarakat, sehingga tujuan utama pendirian bumdes itu dirasakan manfaat untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Di tambahkannya, bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan panen raya kentang ini bisa menambahkan semangat dan motivasi kepada bumdes-bumdes yang ada di desa lain dengan segala macam potensi yang dipunyainya sesuai dengan keragaman dan kearifan lokal yang dimiliki desa itu sendiri. Ungkap Herman.

Salah satu anggota bumdes, yang namanya enggan di sebutkan mengatakan, bahwa Pelopor dari terlaksana dengan suksesnya kegiatan pengelolaan BUMDes baik dari pendirian BUMDes hingga mencapai hasil seperti sekarang, ini tidak luput dari dukungan moril dan materil dari seorang Kepala Desa, yang saat ini sudah menjabat 3 periode, “jelasnya.

H.Herman Sawiran Kades Sungai Rumpun menuturkan ke wartawan “ alhamdullilah, di Sungai Rumpun selain potensi wisata kita selalu mengarahkan BUMDes supaya bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dengan mengupayakan bibit-bibit kentang yang unggul. Mengingat bahwa warga kami mayoritas petani, dengan menggunakan bibit unggul hasil panen yang akan didapatkan tentunya maksimal, Terkadang banyak isu-isu tentang bibit yang kurang baik dijual, tentunya dengan ini semua masyarakat tidak perlu khawatir. Kedepannya saya akan mendaftarkan legalitas dan badan hukumnya sesuai arahan dari Pak Kadis.” tutur Kades Herman yang sekarang tujuan dan niat baik untuk mensejahterakan warganya sudah terbuka lebar dan kini tinggal pengelolaan dengan cara baik dan profesional.

Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Kerinci dan juga menjabat Wakil Pimpinan DPRD kerinci saat di wawancarai melalui WhatsApp, mengatakan kepada awak media Jurnal Polisi News bahwa
“Panen kentang dari bumdes Danau Undan di Desa Sungai Rumpun dari pengelolaan tanah kas desa seluas 2 HA ada suatu hal yg sangat kita apresiasi”, Karena bisa mengembangkan potensi desa baik lahan maupun pemberdayaan masyarakat, ” jelas Boy Edwar.

Ini harus selalu di kembangkan dan dikelola dengan baik sebagai sumber pemasukan desa ( PAdes ) untuk membangun desa ,,,
Kami melihat kades dan seluruh perangkat desa punya motifasi dan kekompakan untuk maju dan ini harus tetap terjaga,

Apalagi baru di resmikan objek wisata kawasan taman maro alam sungai keluang yang Viral hasil dari erupsi abu fulkanik yg cukup menjanjikan yg dekat kawasan rawa dengan pemandangan yang indah dan sejuk.

“Kami atas nama pimpinan dan sebagai Ketua Partai Golkar kerinci selalu mendorong kemajuan ini bisa lebih terus di tingkatkan”, Ungkap Boy Edwar.

Di tempat terpisah, Kadis Pemdes Kerinci Drs.Sahril Hayadi mengatakan bahwa
“Ini inovasi yg baik, seperti ini perlu kita dukung, tujuan pendirian bumdes adalah untuk mensejahterakan masyarakat, apa lagi bumdes wisata .. yang kita harapkan adalah multi efeknya dan bidang wisata, kita harapkan ekonomi kreatif dan produk produk untuk masyarakat setempat akan tumbuh berkembang”, jelas Kadis Pemdes kerinci.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci Juanda Sasmita juga memberi “apresiasi atas Respon positif Pemerintahan desa terhadap pemanfaatan lahan yang disebabkan abu vulkanik & lahar dingin yang sekarang menjadi daratan, hingga dijadikan objek wisata, mudah2an dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, ” Ungkapnya.

(Mul JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *