BABINSA Kodim 0320/Dumai Sosialisasi PMK di Peternak Kambing Telukbinjai

DUMAI  – jurnalpolisi.id

Upaya pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Babinsa Kodim 0320/Dumai, Serda SMP Sinaga mengunjungi ternak kambing milik Harahap di Gang Galon Kelurahan Teluk Binjai, Dumai Timur, Sabtu (25/03/23).

Kunjungan Babinsa tersebut dalam rangka sosialisasi, pengecekan dan pemantauan terhadap hewan ternak kambing. “Kita melaksanakan pengecekan kambing milik bapak Harahap. Ada beberapa ekor sudah kita periksa. Alhamdulillah, tidak ditemukan ciri atau gejala adanya PMK ,” kata Serda Sinaga.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan kepada pemilik ternak agar peternak selalu menjaga ternaknya dari sakit berbahaya. Terutama penyakit menular.

“Hewan ternak yang dimiliki tetap sehat, maka harus menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotorannya setiap hari. Kemudian, menyemprot kandang dengan menggunakan desinfektan untuk membunuh virus.

Sementara, Harahap pemilik ternak kambing merasa terbantu dengan kunjungan Babinsa Kodim 0320/Dumai itu. Ia mengucapkan terimakasih dan merasa senang karena dikunjungi tempat usahanya. “Kami sangat terbantu atas kunjungan dan sosialisasi kesehatan hewan dari Pak Babinsa,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 0320/Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan, SE melalui Wadanramil 01/Dumai Kota Kapten Inf Suar Hendri mengatakan bahwa pendampingan peternak akan selalu dilakukan di wilayah Kodim 0320/Dumai. Supaya dapat membantu peternak dalam menjaga kesehatan ternaknya. Apalagi ini menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Saat ini pemerintah sedang berusaha untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku. Selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, serta pemasangan ear tag pada ternak. Ini sudah dilakukan di beberapa wilayah,” jelasnya.

Danramil berharap dengan giat Babinsa turun langsung ke peternak, dapat mencegah munculnya wabah PMK. Warga diharapkan semakin mengerti dan paham menjaga kesehatan ternak.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *