Polres Agam Laksanakan Gelar Apel Gabungan TNI, POLRI dan Instansi Terkait.

Agam Sumbar– jurnalpolisi.id

Polres Agam Polda Sumbar gelar apel gabungan TNI – POLRI dan instansi terkait dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam dan patroli skala besar, dan antisipasi dampak cuaca ekstrim yang dapat memicu bencana hidrometeorologi pada awal tahun 2023 khususnya diwilayah hukum Polres Agam.

Pelaksanaan apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Polres Agam pada hari rabu, 15 Februari 2023.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung Kapolres Agam, AKBP Ferry Ferdian SIK, didampingi Dandim 0304/ Agam yang diwakili Koramil 03 Lubuk Basung, Kapten Czi Nuryetrizal, Kajari Kabupaten Agam Burhan.SH.MH, Sekda Agam, Drs.Edi Busti.M.Si.

Pol PP yang diwakili oleh sekretris, Afliwaneri, S. Pd, MM, BPBD diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik, Ichwan Pratama Danda.S.Stp.,dan Pejabat Utama Polres Agam dan Personel Polres dan Polsek yang terlibat sprin.

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan dilapangan Apel Polres Agam, mengikutsertakan TNI dari Koramil 03/Agam, Polres Agam, Pol PP Kabupaten Agam , BPBD Kabupaten Agam.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian SIK, membacakan amanat terkait kesiap – siagaan penanggulangan bencana khususnya di wilayah Kabupaten Agam.

Pada amanatnya yang menjadi poin penting dalam situasi seperti saat ini ialah komunikasi dan kolaborasi antar instansi terkait serta peran besar masyarakat dalam mengantsipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Agam, serta tanggap dalam penyelesaian masalah bencana.

Apel ini menjadi hal wajib untuk semua lintas sektor dalam menghadapi musim hujan sebagai langkah konsolidasi semua komponen Pemerintah dunia usaha dan masyarakat.

Ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan rasa aman dalam upaya mengurangi risiko bencana pada masyarakat terutama masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana, tegas Kapolre Agam.

Dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, ada beberapa penekanan Kapolres Agam untuk di pedomani dalam pelaksanaan tugas yaitu sebagai berikut:

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan segala potensi dan ancaman bencana yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin, untuk mencegah hal-hal yang tidak
diinginkan.

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana dengan kegiatan pelatihan di masing-masing instansi.

Keempat, mantapkan kerjasama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Para Kapolsek agar lakukan pendataan melalui bhabinkamtibmas kita, datakan daerah rawan bencana yang ada diwilayah masing-masing dan laporkan setiap perkembangannya agar dapat segera dilakukan langkah antisipasi.

Setelah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Selanjutnya para peserta apel yang didampingi Kapolres Agam, Dandim yang diwakili Koramil 03/ Agam Sekda Agam, Pol PP Agam, BPBD Agam melaksanakan patroli skala besar.

Hal ini ditunjukkan agar masyarakat mengetahui kesiapsiagaan TNI-POLRI bersama Pemerintah Kabupaten Agam, dalam mengantisipasi bencana alam.( Syafrianto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *