Penggalang SD Negeri 1 Rempoah Ikuti Perkemahan Jumat Sabtu

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Sebanyak 158 Pramuka Penggalang Gugusdepan 04-0468 04-0469 Pangkalan SD Negeri 1 Rempoah Kwarran Baturraden Kwarcab Banyumas mengikuti perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) 10-11 Februari 2023 di sekitar sekolah setempat. Perjusa dibuka oleh Kwarran Sugiyanti, sebagai ajang evaluasi pendidikan dan pelatihan serta untuk melatih kedisiplinan dan kemandirian anak didik.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Rempoah sekaligus Ketua Majelis Gugusdepan (Mabigus) Samsul Ma’arif, S.Pd ⁶mengatakan Perjusa diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6 atau setara Pramuka tingkat Penggalang sebanyak 158 anak didik. Kegiatan bertujuan sebagai evaluasi dari pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan selama ini, serta bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan kemandirian siswa dan juga untuk memberikan pengalaman bagi siswa SD Negeri 1 Rempoah.

“Tujuan diadakannya Perjusa adalah untuk melatih kemandirian siswa, sehingga mereka siap menghadapi kehidupan yang akan datang di masyarakat. Karena melalui kemah siswa dilatih hidup disiplin dan mandiri, juga bertanggungjawab,” ungkapnya.Kegiatan Perjusa meliputi pendalaman Materi Kepramukaan, sandi, pionering, semaphore, api unggun dan PBB Tongkat.

Kegiatan perkemahan kali ini mengusung tema, Dengan Perjusa, Kita Wujudkan Pribadi Yang Berani, Mandiri dan Berbudi, diharapkan dapat menanamkan mental anak agar berani, berkarakter kuat, disiplin, mandiri dilandasi budi pekerti yang baik.

Perjusa dibuka oleh Ketua Kwarran Baturraden, Sugiyanti, S.Pd dengan dihadiri Ketua Mabigus, Kak Samsul Ma arif dan para pembina di pangkalan SD Negeri 1 Rempoah, Kwarran Baturraden. Meski cuaca mendung, tidak menyurutkan semangat ratusan penggalang, mengikuti upacara pembukaan.

“Tidak semua pangkalan dan pramuka penggalang dapat melaksanakan dan mengikuti perjusa. Untuk itu saya mengucapkan selamat kepada Mabigus, pembina, pelatih dan anak anak didik, yang dapat menyelengarakan dan mengikuti Perjusa ini,” katanya.Menurutnya, perjusa sebagai evaluasi dari hasil latihan rutin, yang dilakukan setiap satu minggu sekali secara rutin dan berkelanjutan dalam program Pembinaan Pramuka Penggalang.

“Sasaran yang dicapai melalui penyelenggaraan Perkemahan Penggalang ini adalah, menambah pengetahuan, wawasan, keterampilan serta pengalaman bagi anggota Penggalang, baik di lingkungan Gugus Depan maupun di luar Gugus Depan,” tambahnyaPembukaan Perjusa di tandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *