Kodim 1806 Bintuni Menggelar Sosialisasi Perekrutan Tentara Komponen Cadangan Bagi Ketahanan Dan Keamanan Negara Kesatuan Rapublik Indonesi

Bintuni – jurnalpolisi.id

Kegiatan Sosialisasi yang di gelar Tentara Nasional republik Indonesia kodim 1806 bintuni itu berlangsung di Gedung Sasana karya kabupaten teluk bintuni, Provinsi Papua barat, Kamis 02/02/2023 turut Hadir Ir.I B. PUTU SURATNA, MM Plh Sekertaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Letkol ARH Patrik Aria Bima Dandim 1806 Bintuni, Kabten Infantri Septian Dwi Nurhadi, Para OPD Lingkup Kabupaten Teluk Bintuni.

Kata, Dandim, sosialisasi komponen cadangan tentara pembela bangsa ini di dilakukan berdasarkan UU 23 Tahun 2011, yang mana undang undang tersebut menegaskan tentang sumberdaya nasional untuk kepentingan ketahanan Negara.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut implementasi nya adalah komponen Cadangan sehingga kodim 1806 bintuni sebagai bagian dari KODAM 18 Kasuari melaksanakan sosialisasi sekaligus membuka pendaftaran bagi masyarakat di wilayahnya itu.

Sehingga dalam rekrutmen Calon komponen cadangan ini dapat di tuangkan dalam admistrasi persyaratan sebanyak 12 aitem, kami sebagai panitia daerah yang di percaya, untuk dalam bidang rekrutmen di wilayah secara teknis memiliki kesiapan salah satunya akan menyiapkan posko pendaftaran bagi peserta atau calon komponen cadangan yang akan mau mendaftar.

Lanjut Dandim, posko utama pendaftaran berlokasih di Kodim 1806 bintuni, sementara akan juga di siapkan Posko taktis itu secara fleksibel karna ada beberapa sasaran yang menjadi prioritas khususnya ASN, Karyawan BUMN/BUMS Dan Juga terbuka bagi seluruh elemen Masyarakat di lingkup kabupaten Teluk bintuni.

Intinya Kami akan jemput bolah, karna sasaran kami adalah bagaimana tingkat partisipasi ASN dan Karyawan BUMN/BUMS dalam mengikuti pendaftaran Colon komponen Cadangan itu karna yang menjadi krusial adalah pendaftaran melalui online di Website.

Ia menambahkan, pendaftaran online twrsebut menjadi suatu kendala sehingga pihaknya bersama jajaran dan pantai yang bekerja akan langsung menginput data – data dari pada pemdaftar calon komponen cadangan itu. Ungkap dandim

Sehingga dengan upaya kerja sama ini meningkatkan Animo peserta atau calon komponen cadangan, sehingga bisa mencapai apa yang menjadi jumlah atau target daripada permintaan yang ada.

Pihakhya mengatakan, kodim 1806 bintuni siap membantu setiap pemdaftar dalam melengkapi admisteasi, paling tidak kami bisa membantu mempermudah dan mempercepat berbagai proses pendaftaran.

Sementara untuk kuota yang kami target sesuai permintaan kompenen cadangan ini sebanyak 200 orangorang dari kementrian pertahanan, nemun tidak mebatasi atau menutup kemungkinan lain bila ada penambahan jumlah pendaftar maka bisa saja di akomodir. Ungkap dandim

Harapanya hal tersebut merupakan kesempatan yang bagus terutama untuk ASN karna paling tidak dengan adanya komponen cadangan setiap ASN pemda bisa mengikuti pelatihan komponen cadangan selesai dari kegiatan itu justru akan membantu tempat dimana mereka bekerja baik dari segi disiplin mapun segi lainya. Tutur Dandim

Hal senda di sampaikan pelaksana harian Sekda Kabupaten Teluk bintuni Ir.I B. PUTU SURATNA, MM saat di temui Media ini di Gedung Sasana karya Kabupaten Teluk Bintuni itu.

Kata, Putu, atas nama pemerintah mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh pihak Kodam 18 Kasuari yang di sosialisasikan langsung oleh Kodim 1806 bintuni tentang perekrutan calon komponen cadangan pembela bangsa atau tentara cadang itu.

Bahwa sebagai pemeritah daerah kesempatan ini merupakan kesempatan yang pertama kalinya di lakukan rekrutmen komponen tentara cadangan provinsi Papua Barat dan kabupaten kota yang ada di Papua barat.

Lanjut putu, pihaknya berharap dengan sosialisasi ini dapat di ikuti parah pimpinan organisasi perangkat daerah, sehigga diharapkan dapat melanjutkan atau mensosialisasikan kegiatan tersebut kepada setiap ASN di OPD masing – masing untuk mendaftarkan dirinya sesuai dengan persyaratan yang ada. Tutup PLH sekertaris daerah.

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *