Kawasan Cagar Alam Pulau Barkey di Rohil Dibabat Orang Seperti Kepala Sulah Botak Ditengah.

ROHIL-jurnalpolisi.id

Kawasan cagar budaya pulau Barkey yang berada dibagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau ditebang dan kabarnya untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.

Pantauan awak media dilapangan, Rabu (08/02/2023) dipinggir sekeliling pulau tampak masih utuh dan biasa saja. Namun ketika dilihat dari atas menggunakan tangkap camera Dron baru terlihat kondisi bagian tengah sudah ditebang hingga seperti kepala manusia yang botak ditengahnya.

Untuk diketahui bahwa hutan mangrove pulau Barkey merupakan salah satu pulau konservasi yang berada tidak jauh dari kantor Polairud dan UPT Pengendalian Sumberdaya Kelautan Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau beralamat di jalan pelabuhan baru Kecamatan Bangko.

Kawasan Cagar alam pulau barkey telah ditunjuk melalui SK mentri pertanian pertanian nomor 13/3/1968 tanggal 14 maret 1968 luas 500 hektar.

Kawasan ini kemudian di perkuat lagi berdasarkan SK mentri kehutanan Nomor SK 3570/menhut VII/KUH/2014 tanggal 2 mei 2014 tentang penetapan kawasan cagar alam pulau barkey seluas 8,277,67 hektar.

Namun demikian mirisnya ketika diketahui telah terjadi penebangan liar bahkan keadaan mangrove dipulau tersebut dibabat sehingga berdampak pada kelestarian hutan mangrove.

Sampai berita ini diterbitkan pihak pengawasan yang bewajib dalam hal ini belum dapat dikonfirmasi sebagaimana memberikan komentar dan tindak lanjut atas temuan tersebut.

Kabiro Panca Sitepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *