Distrik Bintuni Melaksanakan Musrembang Tingkat Distrik Dengan Melibatkan Forum Pimpinan Komunikasi Distrik Dan Kampung.

Bintuni – Jurnalpolisi.id

Musrenbang merupakan forum musyawarah untuk memutuskan program prioritas yang diserap dari kampung/kelurahan hingga ke distrik, dan disinergikan dengan kabupaten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing.

Kegiatan musrembang Distrik itu berlangsung di kantor Distrik Bintuni lantai dua, Kilo meter 6 Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat sejak jumat 24/02/2023 itu Selain kepala distrik, turut hadir Asisten III bupati, Kepala Bappeda Teluk Bintuni, kapolsek Bintuni, Danramil Bintuni, Parah kepala – kepala kampung di Distrik Bintuni beserta jajaran, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Tokoh Pemerintah, dan Tokoh Pemuda.

Dalam kegiatan musrembang Distrik yang berlangsung itu, kegiatan tersebut di buka Asisten III bupati sekaligus mewakili bupati kabupaten teluk Bintuni dalam menyampaikan sebutan.Dalam sambutan yang di bacakan Asisten III bupati itu, kata bupati ;

Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat serta karunia-Nya, hari ini kita dapat berkumpul disini untuk mengikuti acara Pembukaan Musrenbang Distrik Bintuni Tahun 2023 dalam keadaan sehat walafiat.

Pemerintahan daerah di tingkat kecamatan merupakan salah satu ujung tombak dari programpembangunan, dan sukses atau tidaknya suatu program pembangunan baik fisik maupun non fisik tergantung dari para pelaksana dengan didukung oleh peran serta masyarakat. Oleh karena pemerintahan daerah bersifat sinergis dan membutuhkan kerja sama antar semua elemen masyarakat, maka setiap tahun perlu diadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di tingkat distrik seperti yang kita hadiri pada hari ini.

Adapun musrenbang ini sendiri merupakan amanat dari UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dimana pemerintah daerah wajib menyusun RKPD guna sinkronisasi dengan perencanaan pembangunan daerah provinsi maupun nasional.

Oleh sebab itu, saya mengapresiasi kehadiran bapak/ibu sekalian yang berasal dari beragam unsur pada Musrenbang Distrik Bintuni di pagi ini. Hal ini menandakan kepedulian kita semua terhadap perencanaan pembangunan yang benar- benar transparan dan berdasarkan usulan delegasi kampung.

Sebelum kita masuk dalam proses musyawarah untuk membangun daerah ini ke depan, perlu kita ingat bersama bahwa faktor yang paling penting dalam sebuah perencanaan pembangunan adalah komitmen Pada hakikatnya, musrenbang yang dilaksanakan ini adalah untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil hasil musrenbang tingkat kampung yang menjadi usulan prioritas pemerintah distrik.

Oleh sebab itu, keterlibatan atau partisipasi semua pihak yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan pembangunan maupun partisipasi kita bersama dalam memelihara hasil pembangunan akan sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian pelaksanaan program pembangunan Berdasarkan cita-cita besar inilah maka ;

saya ingin mengingatkan bahwa pelaksanaan musrenbang ini ditujukan untuk membahas dan menyepakati usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kampung yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Distrik Bintuni serta menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah distrik berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Oleh sebab itu, saya mengajak kita sekalian melalui forum musrenbang ini untuk memberi sumbang pikiran, masukan, saran pendapat yang konstruktif kemudian menemukan solusi terbaik bagi pembangunan Distrik Bintuni di tahun ini.

Sebagai tambahan, saya juga mengharapkan momen Musrenbang Distrik Bintuni ini memainkan peran dan fungsi yang strategis sebagai ajang silaturahmi serta menjadi sarana untuk konsolidasi dalam menyatukan pandangan serta wawasan program kerja antara distrik, kampung dan pemerintah daerah.

Besar harapan saya melalui pelaksanaan musrenbang ini dapat menjadi tonggak kemitraan pembangunan antara pemerintah daerah dengan seluruh elemen masyarakat di tingkat distrik sehingga tercipta budaya bahu-membahu dan gotong royong dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Kab. Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing.

Hadirin dan undangan yang berbahagia, Akhirnya, dengan memohon penyertaan Tuhan Yang Maha Esa, saya membuka dengan resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Distrik Bintuni di hari ini dengan menabuh tifa sebanyak 5 kali.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan bagi kita sekalian pada kesempatan ini. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa menolong kita sekalian dalam tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, tutup Bupati.(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *