Dinas PUPR Kerinci Cepat Tanggap, Kerahkan Alat Berat Untuk Mengeruk Abu Vulkanik & Pasir di Sungai Rumpun.

Kerinci –  jurnalpolisi.id

Sebelumnya pada hari Selasa (17/01/2023) seminggu yang lalu, awak media langsung ke lokasi desa sungai rumpun dan cek areal persawahan warga yang terdampak tertimbun erupsi abu vulkanik Gunung Kerinci di kecamatan kayu Aro Provinsi Jambi dengan di dampingi Kades Sungai Rumpun Herman,

Menurut cerita Herman, dulunya lokasi Sungai Rumpun ini kedalaman antara 10 sampai 13 meter, sekarang sudah bisa berjalan kaki dan berlari lari, yang di sebabkan abu vulkanik bercampur pasir yang di bawak arus, serta merambat ke area persawahan warga, sebab aliran kawah gunung kerinci ini yang utama di alirkan terlebih dahulu yaitu Desa kami Sungai rumpun ini, dan yang paling terdampak pertama kali ya… desa kami, bila terjadi erupsi dan luapan lahar dingin,” jelas Kades.

Lanjut Kades, Kami berharap dengan adanya kejadian ini, semoga ada perhatian pemerintah daerah kabupaten kerinci dan Provinsi serta Pusat, agar di lakukan Normalisasi sungai yang tertimbun abu vulkanik, sehingga daerah ini bisa di manfaatkan oleh warga sekitarnya dan menimbulkan nilai ekonomis,”Harap Herman.

Setelah mendapat kabar puluhan hektar sawah warga Desa Sungai Rumpun Gunung Kerinci tertimbun abu vulkanik Gunung Api Kerinci yang terbawa arus sungai.

Maka gerak cepat Dinas PUPR Kerinci segera tanggap dengan menerjunkan alat berat untuk melakukan pembersihan abu vulkanik bercampur pasir yang sampai padat jadi daratan di sungai rumpun.

“Setelah melakukan survey ke lokasi kemaren, hari ini alat berat kita dikerahkan ke lokasi Desa Sungai Rumpun. Tadi sore alat berat Dinas PUPR Kerinci sudah sampai, besok alat sudah bekerja,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kerinci, Maya Novefri, Kamis sore..(19/01/2023)

Menurut Maya, lahar dingin atau abu vulkanik itu disebabkan oleh erupsi Gunung Api dalam dua bulan Terakhir ini.

“Endapan abu vulkanik tersebut terbawa arus ke Sungai Rumpun dan menimbun lahan pertanian warga di kaki Gunung Kerinci. Mulai besok alat bekerja melakukan pembuangan abu Vulkanik yang sekarang menimbun persawahan, agar tidak mengenai lagi lahan-lahan pertanian sekitar yang lainnya,” ujarnya.

( Mul/Tim JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *