Operasi Lilin di Mimika, Libatkan 826 Personel Gabungan.

Mimika-  jurnalpolisi.id

Polres Mimika melibatkan 826 personel gabungan dalam kegiatan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Ratusan personel ini akan terlibat dalam kegiatan pengamanan bersandi Operasi Lilin 2022 di Kabupaten Mimika, dan akan berlangsung selama 11 hari mulai dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Gedung Eme Neme Yauware dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP I.Gede Putra didampingi Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi dan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob Kamis, (22/12/2022).

Kapolres Mimika, AKBP I.Gede Putra membacakan sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menekankan terkait ancaman terorisme, masih menjadi potensi gangguan yang serius apalagi teror yang baru baru ini terjadi di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Seperti di Polsek Astana Anyar, tidak boleh terjadi. Maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror,” demikian isi arahan Kapolri yang disampaikan Kapolres Mimika, AKBP I. Gede Putra.

Kemudian, tidak kalah penting terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Kapolri menginstruksikan jajarannya untuk melakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan, dan stakeholder guna memastikan ketersediaan pasokan Pangan.

Selanjutnya, menghimbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang dapat menyebabkan kelangkaan maupun kenaikan harga. Apabila terdapat upaya spekulan, Kapolri memerintahkan untuk dilakukan penegakkan hukum secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan.

“Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah, dan stakeholder, guna memastikan ketersediaan stok BBM, serta pastikan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik,” begitulah Instruksi Kapolri disampaikan I. Gede Putra.

Sementara Kapolres Mimika, AKBP I.Gede Putra mengatakan, 826 personel gabungan yang dilibatkan dalam Operasi Lilin 2022 di Kabupaten Mimika, terdiri dari personel Polres, TNI, Instansi terkait Pemerintah, dan Mitra Kamtibmas Polres Mimika.

Pengamanan dilakukan bersifat stasioner ditempat Ibadah seperti Gereja, maupun tim yang Mobiel, begitu juga pola pengamanan ada yang terbuka dan ada yang tertutup, untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi.

“Mudah mudahan dengan tergelarnya personel yang kami gelar, pelaksanaan perayaan Natal maupun Tahun Baru bisa terlaksana dengan baik. Yang kami harapkan, pelaksanaan Natal bisa berjalan dengan damai situasi tetap terjaga dan kondusif,” demikian harap Kapolres Mimika, AKBP I.Gede Putra S.I.K, SH.

( Keklir Kace Makupiola)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *