Kembangkan Kreasi Tingkatkan Prestasi Siswa SDN 1 Kranji Ikuti Pentas Seni dan Gebyar Kreasi

Banyumas-jurnalpolisi.id

Sekolah Dasar Negeri 1 (SDN 1) Kranji Kecamatan Purwokerto Timur menggelar Pentas Seni dan Gebyar Kreasi, Senin 12 Desember 2022 di halaman sekolah setempat. Kegiatan tersebut mengusung tema “Kembangkan Kreasi Tingkatkan Prestasi Berkarakter Pancasila”, kegiatan ini terbagi menjadi dua kegiatan yang beriringan.

Kepala SD Negeri 1 Kranji, Idha Nurani, S.Pd mengatakan bahwa berbagai karya siswa dan guru seperti hasil kerajinan, daur ulang barang bekas, hasil olahan pupuk organik, Eco Enzim terpajang apik bersama karya seni rupa lain seperti lukisan dan batik dalam gerai pameran. Sedangkan pentas seni menyuguhkan nyanyian, tari, dongeng, geguritan, tembang macapat, puisi, dan penampilan alat musik oleh siswa-siswi SD Negeri 1 Kranji.

“Kegiatan merupakan bentuk perayaan belajar adalah kegiatan di mana peserta didik dapat menampilkan proses atau produk hasil belajarnya dalam sebuah acara yang melibatkan berbagai pihak sebagai partisipan. Proses dan produk belajar siswa dan guru ditampilkan dalam bentuk pameran, sedangkan potensi dan kreasi seni disajikan dalam karya pergelaran/pentas,” katanya

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Camat Purwokerto Timur, Koordinator Korwilcam Dindik Purwokerto Timur, Pengawas SD, Lurah Kranji, Komite SD Negeri 1 Kranji.

“Acara ini juga menjadi ajang silaturahim SDN 1 Kranji dengan Sekolah lain, khususnya SD dan TK di wilayah Kranji,” tambahnya.

Dalam acara ini juga hadir Kepala Sekolah, guru dan tendik SD Negeri 1 Kranji yang sudah pindah atau purna tugas.

Koordinator Korwilcam Dindik Eko Darsono, S.Pd.M.Pd menyampaikan apresiasi pada pihak sekolah dan seluruh stakeholder yang membantu menyukseskan acara ini.

“Ini adalah acara yang luar biasa, kita harus apresiasi mudah mudahan menjadi acara yg bermanfaat, jangan hanya kegiatan yang sifatnya senang-senang, tapi bisa menjadi membudaya agar anak-anak bisa berkarya nyata hingga menjadi pelajar Pancasila sejati”, kata Eko.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs Joko Wiyono, M.Si menyampaikan bahwa SD Negeri 1 Kranji harus mampu menjadi referensi bagi sekolah lain, karena SD Negeri 1 Kranji memiliki dua keunggulan yaitu komparatif dan kompetitif. Komparatif artinya guru yang bertugas disini memenuhi persyaratan secara intelektual. Kompetitif artinya SD ini banyak melahirkan juara dan berbagai prestasi, berarti mental juara ada disekolah ini.

“Kepada Kepala sekolah saya berpesan, pastikan sekolah ini menjadi sekolah yang ramah dan bersahabat bagi siapa saja, jadikan sekolah ini menjadi tempat bersemainya nilai kebhinekaan, dan moderasi. Karena dari sekolah kita akan menghasilkan generasi yang moderat, cerdas, dan humble dengan tetap berpijak pada etika dan budaya bangsa. Teruslah untuk berkolaborasi dengan stakeholder. Tetaplah percaya diri dan rendah hati untuk menggali potensi diri dalam rangka mengembangkan potensi anak didik yang luar biasa. Dari SD N 1 Kranji menginspirasi Indonesia”, kata Joko Wiyono.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *