Kapolresta Banyumas Hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri di SPN Polda Jateng

Banyumas-jurnalpolisi.id

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, menghadiri pelaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri TA. 2022, yang diselenggarakan di lapangan Pengayoman SPN Polda Jateng Jl. Letjend Pol. Soemarto, Kecamatan Purwokerto Utara, Senin (12/12/22).

Upacara tersebut dipimipin oleh Ka SPN Polda Jateng sebagai Irup dan pendamping Irup Danrem 071 Wijayakusuma. Hadir pula dalam kegiatan tersebut diantaranya Kombes Pol Sarif Rahman, S.I.K (Ka SPN Polda Jateng), Kol Inf Yudha Airlangga, S.E (Danrem 071/Wijayakusuma), Kombes Pol Edy Suranta Sitepu. S.I.K., M.H (Kapolresta Banyumas), Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono (Dandim 0701/Banyumas), Letkol Inf Amir Ma’ruf (Rindam IV/Dip), Letkol Inf Suratman (Komandan Secata Rindam IV/Dip), Kombes Soetijo (Katim Supervisi Latihan), Ir. Budiono (Wakil DPRD Kabupaten Banyumas), PJU SPN Polda Jateng, serta tamu undangan lainya.

KA SPN Polda Jateng Kombes Pol Sarif Rahman, S.I.K., dalam sambutannya membacakan amanat dari Kalemdiklat Polri menyampaikan bahwa Upacara ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan DIKLAT INTEGRASI TNI-POLRI dalam bentuh latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD, TNI AL, TNI AU dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 12 sampai dengan 16 Desember 2022.

“Latihan kolaborasi ini dilaksanakan pada 13 Satdik Polri, 11 Satdik TNI AD dan 1 Satdik TNI AL dengan jumlah peserta didik sebanyak 7.306 orang yang terdiri dari Polri 4.346 Laki-laki dan 503 Wanita. Dari TNI AD sebanyak 1.452 Laki-laki dan 170 Wanita, dari Tni AL sebanyak 765 Laki-laki dan 50 Wanita dan dari TNI AU sebanyak 20 Wanita”, papar KA SPN.

KA SPN juga menyampaikan bahwa Diklat integrasi TNI-Polri ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerjasama pendidikan dan pelatihan integrasi disemua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan POLRI.

Adapun jumlah siswa Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri di SPN Polda Jateng berjumlah 535 siswa yang terdiri dari Dikmaba TNI AD sebanyak 15 siswa dan Dikmaba Polri sebanyak 520 siswa.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh serta berharap kegiatan ini mampu menguatkan sinergitas antara TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional.

“Dengan adanya kegiatan latihan kolaborasi antara peserta didik Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik dari TNI AD maupun Polri sehingga terjalin silaturahmi, kolaborasi dan sinergitas antara TNI AD dan Polri dalam pelaksanaan tugas kedepan,” ujar Kapolresta.

( Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *