Kapolres TTS Gelar Acara Jumat Curhat Bersama Warga Kab TTS Dan Wabup TTS Di Pospam Kota SoE.

NTT, jurnalpolisi.id

Serentak Seluruh Kapolres Jajaran Polda Nusa Tenggara Timur Jumat (30/12/2022) sekira pukul 09:00 wita pagi tadi menggelar acara Jumat Curhat bersama secara daring live by phone dan dialog interaktif tatap muka.

Khusus di Kabupaten Timor Tengah Selatan Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP I Gusti Putu Suka Arsa.SIk menggelar acara Jumat Curhat tepatnya di Pospam Ops Lilin Turangga 2022, dan hadir sebagai peserta Wakil Bupati Timor Tengah Selatan Jhony Army Konay, SH, Wakapolres TTS Kompol I Gede Arya Bawa, S.Sos, MH, Kabag Ops Polres TTS AKP I Ketut Shedra, Kabag Ren Kompol Luky O Sely, SH, Kabag Sumda AKP Lefryets D Mada, SH, Kasat Reskrim Iptu Helmi Wildan, SH, Kasat Intel Iptu I Gede Sumerada, SH, Kasat Binmas Ipda Joko, Kasat Tahti Iptu Ngakan Budiarta, Kasi Propam Ipda Zadokh A Loebaloe, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Kuatae Parco Salem, SPd, Tokoh Pemuda Kota SoE, Linmas dan Tokoh Adat Kota SoE.

Dalam arahannya Kapolres Gusti meminta masyarakat Timor Tengah Selatan untuk menaati tiga hal penting menjelang perayaan pergantian tahun dan tahun baru yakni 1). Agar Menjelang Tahun Baru Bapak / Ibu Masyarakat Timor Tengah Selatan meliputi Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan unsur terkait dapat menjaga situasi keamanan untuk tetap kondusif, 2). Apabila terdapat masalah agar segera dikordinasikan kepada kami sehingga kita mencari solusi terbaik, 3). Kami telah memberikan himbauan-humbauan terkait keamanan kepada masyarakat untuk kepentingan bersama.” Ujar Kapolres Gusti.

Selanjutnya Kesempatan dialog diberikan kepada perwakilan masyarakat yang hadir untuk memberikan usulan serta permasalahan yang dihadapi selama ini yakni Wakil Bupati Army Konay mengusulkan agar dalam pengamanan malam pergantian tahun dan penyambutan tahun baru, agar ada pembagian zona pengamanan dimana situasi-situasi rawan itu pada malam pergantian tahun dan penyambutan tahun baru sering terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti konvoi anak-anak muda yang berlebihan, balap liar, miras dan lain sebagainya sehingga kalau dapat jauh sebelumnya bisa kita atasi bersama dengan melibatkan Forkopimda agar kordinasi lintas sektor bisa berjalan baik dan lancar.”Ucap Wakil Army Singkat.

Sementara itu masukan dari Kepala Desa Kuatae Parco Salem, SPd mengatakan bahwa pihaknya meminta aparat keamanan untuk menjaga ketat situasi malam tahun baru, mengingat anak-anak muda sering mengkonsumsi miras dan membuat onar sehingga jauh sebelumnya pihaknya telah menghimbau, dan kami juga berharap agar malam pergantian tahun polisi melaksanakan patroli guna mencegah terjadinya tindak pidana, terdapat beberapa masyarakat yang tidak mengindahkan himbauan kami sehingga kami mohon kepada Bapak Kapolres TTS agar besok melakukan patroli ke wilayah Desa Kuatae dan Desa Noemeto.” Harapnya.

Selanjutnya Tokoh Pemuda Kota SoE Yery Fallo menyampaikan terimakasih kepada Aparat Polres TTS yang menjaga keamanan berkaitan dengan kegiatan ibadah natal dan sekaligus meminta petunjuk Kapolres karena sedang melaksanakan kegiatan keagaam lomba vocal grup sampai besok pukul 23:00 wita akhir malam pergantian tahun Sabtu 31 Desember 2022 nanti.

Dengan demikian Kapolres Timor Tengah Selatan dalam tanggapan lanjutnya menjelaskan bahwa kegiatan menjelang tahun baru sering diwarnai aksi pemuda-pemuda yang mengonsumsi Miras serta melakukan tindakan kriminal sehingga Kepala Desa atau masyarakat dapat melaporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat dan jika tidak dapat diatasi anggota Raimas Polres TTS bisa langsung turun TKP untuk mengamankan situasi .

Sedangkan untuk permohonan Ketua Pemuda kami pada prinsipnya tidak pernah melarang kegiatan ibadah dan kami sangat mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan didalam lingkungan gereja, karena itu kami minta bapak , ibu tolong teruskan pesan kami kepada masyarakat agar pada jam-jam ibadah tidak membunyikan petasan, maupun kembag api yang dapat mengganggu jalannya ibadah malam pergantian tahun atau pagi sambut tahun baru.

Khusus untuk wilayah Desa Kuatae dan Desa Noemeto Anggota Polres TTS akan melaksanalan patroli khusus untuk mengantisipasi hal-hal negatif, termasuk mencermati cuaca ekstrim beberapa hari ini agar masyarakat selalu waspada dan siaga sehingga apabila terjadi bencana, masyarakat sudah dapat mengantisipasi terlebih dahulu.” Tutup Kapolres Gusti.

Pantauan Wartawan pada acara Jumat Curhat Situasi di Kota SoE diselimuti Hujan deras disertai angin kencang dan kabut namun antisiasme warga untuk mengikuti acara Jumat Curhat sangat besar, warga ada yang mengikuti live ada juga yang bertatapan muka langsung walau situasi hujan lebat.

Editor: Roy Saba
Penulis: Aipda Jhony Missa / Paur Humas Polres TTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *