Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT, Didampingi Uskup Keuskupan Manokwari Sorong Melaksanakan Peresmian Gedung Gereja Katolik Stasi St Lukas SP3 Manimeri.

Bintuni – jurnalpolisi.id

Peresmian Gereja Katolik itu berlangsung di Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Minggu 18/12/2022, selain Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, turut hadir Ibu PKK Kabupaten Teluk Bintuni, Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Uskup Manokwari Sorong, Kapolres Bintuni, Dandim 1806 Bintuni, Kejari Teluk Bintuni, pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Organisasi Perangkat Daerah OPD Kabupaten Teluk Bintuni, Ribuan Umat Katolik, tamu undangan dari kalangan umat beragama yang juga ikut hadir. Dan urut hadir Umat Paroki St Agustinus Manokwari.

Pantauan media ini, Dalam kegiatan peresmian gedung gereja itu, Bupati dan ibu di dampingi uskup keuskupan manokwari sorong yang Mulia Bapak Uskup Mgr, Hilarius Datus Lega Pr, secara bersamaan melakukan Pengguntingan Pita,.

Selain acara peresmian itu, Ibu PKK kabupaten Teluk Bintuni ” Priska Prisilia Kasihiw” diberikan kesempatan oleh yang mulia Bapa Uskup untuk menerima kunci Gereja dan membuka pintu Gereja Katolik Santo Lukas Manimeri itu.

Acara itu di lanjutkan dengan misa Kudus yang di pimpin langsung oleh yang mulia Bapak Uskuptersebut Keuskupan Manokwari Sorong Mgr Hilarius Datus Lega PR, misa kudus itu juga di ikuti semua tamu undangan.

Kata, Bupati Kabupaten Teluk Bintuni ir Petrus Kasihiw MT, Di kabupaten Teluk Bintuni ada Empat Paroki yaitu, Paroki St terang dunia tofoi, paroki St Paskalis Menimeri, Paroki Mardey, Paroki St Yohenes Bintuni,

Saya sebagai umat atau jemaat di stasi ini, menjadi saksi terhadap pembangunan gedung gereja Katolik St Lukas ini.

Selayaknya pembangunan gedung gereja atau sarana peribadatan yang lain, ada pembentukan pantia yang menjadi motor penggerak, ungkap Bupati

Ada ciri Khas yang berbeda dengan pembangunan gedung gereja St Lukas ini, kekompakan dan kebersamaan yang luar bisa yang perna saya temukan dalam pembangunan gereja itu, dari jemaat yang mula – mula 13 kepala keluarga yang bekerja dan berdoaberdoa sampai berkembang menjadi 35 kepala keluarga. Tutur Bupati

Selain itu Bupati menjelaskan, dengan pembangunan gedung gereja ini karna sebuah kerja sama yang kompak, ibu – ibu dari stasi St Lukas Sp3 Manimeri ini turut mendorong batu dengan gerobak untuk mendirikan gedung gereja itu.

Berbagai partisipasi itu memberikan kesan tersendiri bagi perkembangan umat Katolik di stasi St Lukas Sp3 Manimeri.

Bupati dalam sambutanya itu menambakan, orang – orang yang telah berjasa dalam membangun gereja itu namanya selalu terukir salam sejarah berdirinya gereja St Lukas Sp3 Manimeri.

Hal senada juga di sampaikan, Uskup Keuskupan Manokwari Sorong yang mulia Mgr Hilarius Datus Lega PR, Saya menyampaikan limpah Terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua Barat Mantan Gubernur Dominggus Mandacan,

Uskup juga menyampaikan Terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah kabupaten Teluk Bintuni, Buapti ir Petrus Kasihiw MT dan wakil bupati Maret Kokop SH, selian itu saya ucapan trimakisih saya kepada DPRD PROVINSI Papua Barat Bapak Robert Manibuy dan DPRD kabupaten Teluk Bintuni, Uskup juga menyamlaikan Terima kasih kepada pantia pembangunan, dan panitia peresmin gedung gereja, kepada seluruh warga masyakat muslimin dan muslimat.

Uskup juga menegaskan bahwa, gereja ini di bangun serta di selesaikan karna ada 5 faktor seperti, kekompakan, kebersamaan, kegotong royongan, dan kebanggaan bersama semua umat.

Dalam sebutan itu Uskup juga menyampaikan rasa Terima kasih yang sebesar – besarnya kepada bapak Yohanis hematang yang merupakan Arsitektur tetang gambar dan bangunan gedung gereja St lukas sp3 Manimeri ini.

Uskup Menyebutkan bahwa, gereja St Lukas sp3 Manimeri merupakan gereja yang bercitarasa Paroki pada hal itu merupakan stasi yang jumlah umat kurang lebih 200 jiwa, Geraja ini menjadi sebuah cerminan untuk membangun karakter manusi,. Tutupnya.

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *