Bupati Agam diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Meresmikan Mushalla Nurul Iman SMPN 1 Tilkam Agam.

Agam Sumbar –jurnalpolisi.id

Bupati Agam Sumatera Barat, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Sumatera Barat, Drs.Isra.M.Pd, meresmikan Mushalla Nurul Iman SMPN 1 Tilkam Agam.

Dan ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada keluarga besar SMP.Negri 1 Tilatang Kamang Agam, dan acara dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2022.

Dan serta semua pihak yang telah memiliki prakarsa untuk melaksanakan pembangunan Mushalla Nurul Iman di lingkungan sekolah, semoga segala yang telah dicurahkan untuk pembangunan mushalla ini, menjadi amal jariyah bagi bapak/ibu semua.ujarnya.

Dengan tersedianya mushalla di lingkungan sekolah merupakan salah satu upaya kita untuk memperkuat keimanan dan ketaatan peserta didik dan warga sekolah dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Disamping mushalla sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah dan melakukan pengajian, yang lebih penting lagi adalah untuk memabangun SDM yang cerdas, berkualitas dan religius.

Pada saat ini Pemerintah Kabupaten Agam sangat fokus dan serius dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan dengan Visi “Mewujudkan Kabupaten Agam Maju, Masyarakat Sejahtera, Menuju Agam Mandiri, Berprestasi Yang Madani.

Dan sektor Pendidikan termasuk dalam misi yang keempat yaitu, membangun masyarakat yang Mandiri, Berdaya saing, berkualitas dan berkarakter.”

Kehadiran Mushalla di lingkungan satuan Pendidikan sangat mendukung untuk menjadikan peserta didik yang beriman dan taat dalam menjalankan perintah Allah, cerdas, berkualitas, berkarakter sehingga output dari SMP Negeri 1 Tilatang Kamang ini.

Dan dapat melanjutkan ke sekolah-sekolah yang berkualitas sebagaimana kita ketahui bersama, dalam ajaran islam, Masjid atau mushalla merupakan sebaik- baik tempat di muka bumi ini.

Jika kita membuka sejarah Rasulullah, mendirikan mesjid adalah salah satu dari 7 (tujuh) langkah strategis yang dilakukan beliau dalam membangun masyarakat Madani.

Konsep mendirikan mesjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, atau tempat berkumpul, namun mesjid juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman.

Di zaman Rasulullah, mesjid bahkan berfungsi sebagai markas mengatur strategi peperangan, kalau pada zaman sekarang, tentunya mesjid dapat difungsikan sebagai tempat musyawarah untuk merencanakan pembangunan di setiap kampung.

Hadirin Yang Berbahagia, dengan kehadiran Mushalla di lingkungan satuan Pendidikan sangat mendukung untuk menjadikan peserta didik yang beriman dan taat dalam menjalankan perintah Allah, cerdas, berkualitas, berkarakter sehingga output dari SMP Negeri 1 Tilatang Kamang ini, dapat melanjutkan ke sekolah-sekolah yang berkualitas.

Kami berharap, kaehadiran mushalla Nurul Iman ini, Insya Allah akan dapat memancarkan cahaya Islam kepada semua warga sekolah, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta persaudaraan di antara keluarga sekolah dengan masyarakat.

Selanjutnya kami juga berharap, agar kita bersama-sama dapat memakmurkan mushalla ini dan menjadikannya sebagai pusat pembelajaran Agama Islam serta adat budaya Minangkabau.

Jangan sampai kita hanya bersemangat mendirikannya saja, tetapi tanggungjawab besar bagi kita bersama, adalah untuk memakmurkannya dan salah satu ciri mushalla atau mesjid yang makmur itu apabila warga sekolah salat berjamaah semakin bertambah dan meningkat.

Serta sering adanya kegiatan seperti belajar membaca dan memahami Al Quran, menghafal Al Quran, adanya kegiatan praktik ibadah, dan sebagainya.

jika beberapa hal tersebut dapat terlaksana dengan baik, niscaya tujuan kita untuk menciptakan anak didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dapat tercapai. (Syafrianto-jpn )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *