Tim Humas Lapas Banyuwangi Dibekali Pelatihan Penulisan Siaran Pers oleh Ditjen Pemasyarakatan

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Tim Humas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mengikuti pelatihan penulisan siaran pers yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) secara daring, Kamis (24/11).

Hal itu merupakan tindak lanjut ditetapkannya Lapas Kelas IIA Banyuwangi sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Percontohan Manajemen Krisis Komunikasi Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada Tim Humas Pemasyarakatan dalam penulisan berita Pemasyarakatan dan siaran pers, utamanya dalam situasi krisis,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti saat membuka kegiatan.

Rika menyebutkan bahwa kegiatan pelatihan diikuti oleh Tim Humas dari 50 UPT Percontohan Manajemen Krisis Komunikasi Pemasyarakatan.

“Teknik pelatihan yang kami berikan yaitu melalui kegiatan diskusi dan praktik secara langsung mengenai pembuatan siaran pers dalam situasi krisis,” bebernya.

Lebih lanjut Rika menjelaskan bahwa penetapan 50 UPT percontohan tersebut didasarkan pada beberapa kriteria, seperti adanya potensi terjadinya krisis dan kemampuan dalam menangani krisis tersebut.

“Serta Tim Humas di UPT tersebut mampu memberikan dukungan dalam menangani situasi krisis yang terjadi,” imbuhnya.

Ditetapkannya UPT percontohan itu, kata Rika, dimaksudkan agar Humas Ditjenpas dapat lebih fokus dalam memberikan pelatihan. Sehingga nantinya diharapkan Tim Humas UPT percontohan dapat menyalurkan kemampuan yang diperoleh kepada Tim Humas UPT lain di wilayahnya.

“Kedepannya, kegiatan seperti ini juga akan kami lakukan kepada seluruh Tim Humas UPT Pemasyarakatan. Namun untuk saat ini kami ingin fokus terlebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan dari Tim Humas UPT percontohan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Banyuwangi Wahyu Indarto menyampaikan terimakasih kepada Ditjenpas yang telah menunjuk Lapas Kelas IIA Banyuwangi sebagai salah satu UPT Percontohan Manajemen Krisis Komunikasi Pemasyarakatan.

Menurutnya, kegiatan pelatihan yang diberikan kepada Tim Humas Lapas Kelas IIA Banyuwangi akan memberikan dampak yang positif.

“Semakin baik kemampuan penulisan berita dan siaran pers yang dimiliki oleh Tim Humas kami tentunya akan meningkatkan dan menjaga citra positif Pemasyarakatan, khususnya di Lapas Kelas IIA Banyuwangi,” pungkas Wahyu. (Jok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *