SMK.Negri 2 Lubuk Basung Agam Laksanakan Kegiatan Pembinaan Karakter Siswa Perempuan Melalui Forum Annisa.

Agam Sumbar – jurnalpolisi.id

Kepala SMK.Negri 2 Lubuk Basung Agam Sumatera Barat, Darfis Eka Putra, S. Pd Selaku Plt.Kepala SMK Negeri 2,laksanakan kegiatan pembinaan Karakter Siswa Perempuan Melalui Forum Annisa.

Kegiatan dilaksanakan setiap hari jumat dan bagi siswa pria itu sholat jumat sekalian dengarkan khutbah jumat dan bimbingan dari kepala sekolah dan guru lainnya yang akan mendidik siswa melalui Agam Cerdas.

Waktu kita meliput kegiatan Forum Annisa ini, pada hari jum,at, 18 November 2022 dilingkungan sekolah tersebut, dalam rangka bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan, kendala dan bentuk dukungan sekolah terhadap pembinaan karakter siswa melalui ekstrakurikuler Forum Annisa ini.

Dan kegiatan ini dipimpin oleh Ibuk Romayeni, S.Pd dan langsung kita wawancara, dan tujuannya kegiatan ini dilaksanakan di SMK.Negeri 2 Lubuk Basung dan kegiatan ini, merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.

Karena penelitian ini berusaha menggambarkan dan melukiskan fakta-fakta secara akurat tentang suatu keadaan atau peristiwa yang tampak pada ekstrakurikuler Forum Annisa di SMK. Negeri 2 Lubuk Basung ini termasuk disekolah lainya.

Dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Serta pembina ekstrakurikuler Forum Annisa, siswa perempuan dan orang tua siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi data.

Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peranan kegiatan Forum Annisa dalam membina karakter siswa perempuan diantaranya nilai karakter religius, karakter disiplin, dan karakter rasa ingin tahu.

Pembinaan karakter siswa perempuan melalui kegiatan Forum Annisa masih belum maksimal, karena ada beberapa kendala dalam kegiatan diantaranya sarana dan prasarana
yang kurang memadai.

Pada SMK.Negri Lubuk Basung ini disiplinnya dalam memulai kegiatan forum ini sangata baik dan tegas sekali, karena sanksi dari Pimpinan Sekolah yang sangat tegas untuk siswa perempuan.

Bagi yang tidak mengikuti kegiatan forum annisa,ini bisa juga kurangnya keterlibatan guru, kurangnya keterlibatan orang tua, tidak ada indikator dan silabus yang dapat dijadikan patokan,Forum Annisa at SMK.Negeri 2 Lubuk Basung selanjutnya( Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *