Pemerintahan Nagari Manggopoh Lubuk Basung Agam, Gelar Seminar Penguatan Lembaga Adat Nagari.

Agam Sumbar – jurnalpolisi.id

Pemerintah Nagari Manggopoh  Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumatera Barat, menggelar kegiatan penguatan lembaga adat Nagari Manggopoh yang mendatangkan sebagai Narasumber Prof.Yulizar Yunus Dt. Bagindo Rajo.

Penguatan lembaga yang digelar Pemerintahan Nagari Manggopoh Lubuk Basung pada hari Selasa (08/11/2022), yang dihadiri sebanyak 75 orang peserta.

Terdiri dari Camat Lubuk Basung yang diwakili oleh Kasih Kesos, Elfis Rinaldi..S.Sos, 50 pusako, 25 orang niniak mamak, ketua Bamus nagari, unsur Ninik mamak, tokoh masyarakat, Bundo kandung, lembaga nagari dan lainnya.

Dengan bertemakan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi  Kitabullah (ABS-BSK), sebagai Narasumber Prof.Yulizar Yunus Dt. Bagindo Rajo. dan memaparkan materi  tentang Adat  di Minang Kabau .

Walinagari Manggopoh Ridwan A.Md membukak acara tersebut mengatakan, acara ini sangat dibutuhkan dan penuh makna bagi kita semua, karena sangat perlu dan penting sekali untuk membentuk jiwa anak dan keponakan kita dimasa mendatangnya.

Pasalnya, ilmu adat yang akan didapat nantinya akan dapat di ajarkan pula kepada anak keponakan kita semua dan juga kepada anak kita hendaknya.

“Ada tiga poin kaitan antara Adat dan Agama yang menjadi pembahasan dalam kegiatan penguatan lembaga nagari Manggopoh yakni Akhlakul Karimah,  berguru kepada alam dan menghormati perempuan, dimana semua berkaitan erat antara adat dan agama.

“Kita harap adat tidak hilang, karena generasi saat ini adalah generasi yang nantinya akan menjadi seorang Ninik mamak, penghulu, oleh kerena itu mamak harus mewarisi pengetahuannya  tentang adat kepada anak kemenakan nya sehingga pengetahuan adat ini tidak pernah hilang.

Waktu kita wawancara langsung dengan Camat Lubuk Basung yang diwakili oleh, Kasih Kesos, Elfis Rinaldi..S.Sos, mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini, kita berharab pengetahuan, pengelaman anak cucu koponakan kita lebih memahami masalh adat istiadat minang kabau.

Karena salah satu jurus dierah sekarang ini dalam membentingi generasi kita untuk melalawan harus gelobalisasi yang sekarang, dan didalami ilmu adat kita, kemudian kita berharab sekali kegiatan ini, semoga dilaksanakan ini oleh Nagari Nagari lainnya di Kecamatan Lubuk Basung ini, ujarnya

Ia berterima kasih kepada Pemerintah Nagari Manggopoh karena kegiatan ini penting untuk pengayaan tentang adat bagi  Ninik mamak sehingga  nanti pengetahuan yang didapat bisa pula diajarkan dan  diteruskan kepada anak kemenakan . (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *