Pembahasan Rencana Pembangunan SMK di Malalak Berlanjut, Malbar Lokasi Prioritas

Agam Sumbar– jurnalpolisi.id

Lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan SMK di Kecamatan Malalak Agam Sumatera Barat, kembali jadi perbincangan antara pemerintah kecamatan dengan Pemkab Agam.

Hal ini dibicarakan dalam sebuah pertemuan antara Camat Malalak, Rahmad Fajri bersama para wali nagari, dengan Bupati Agam, Dr H Andri Warman, Sabtu (5/11/2022).

Rahmad Fajri mengatakan, lahan yang dicalonkan jadi lokasi pembangunan SMK ini berada didua nagari yaitu, Malalak Utara dan Barat.

“Sekitar sebulan lalu tim dari kabupaten sudah melakukan pengukuran,” ujarnya.

Dari hasil pengukuran itu katanya, luas lokasi memenuhi syarat adalah di Malalak Barat (Malbar), yang juga berstatus sebagai tanah nagari.

“Syarat minimal luas lahan 1,5 ha, sedangkan di Malalak Barat luasnya capai 1,6 ha,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Andri Warman mengatakan, jika di Malalak Barat lahannya sudah memenuhi syarat, ia minta agar segera disepakati dengan masyarakat dan dituangkan dalam surat pernyataan.

“Jika sudah ada kesepakatan, akan segera kita urus ke provinsi terkait pembangunan SMK ini,” katanya.

Ia sangat mendukung pembangunan SMK di Malalak, karena kecamatan yang sudah berusia 15 tahun itu hingga kini belum miliki sekolah tingkatan atas.

“Selama ini anak yang melanjutkan pendidikan harus ke luar Malalak. Kini kita berupaya bagaimana bisa hadirkan SMK di wilayah itu,” tukasnya.

Wali Nagari Malalak Barat, Pujianto mengatakan, masyarakat nagari itu sangat mendukung rencana akan dibangunnya sekolah tingkatan atas di Malalak.

Karena katanya, sudah lama diimpikan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan bagi anak-anak mereka.

Sementara itu, tokoh Pemuda Pelopor Kabupaten Agam, Fadli Rahmadi juga sampaikan dukungannya terkait rencana pembangunan SMK sederajat di Malalak.

Bahkan, ia ikut turun bersama tim kabupaten dalam pengukuran lahan itu, yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan sekolah tersebut.

“Jika di Malalak ada sekolah tingkatan atas, tentu ekonomi dan kualitas SDM di wilayah itu juga jadi meningkat,” katanya.

Maka rang sumando Malalak Barat itu berharap, pembangunan SMK di Malalak bisa terealisasi di bawah kepemimpinan Bupati Andri Warman, yang akrab disapa AWR tersebut. (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *