Hari Kesaktian Pancasila, Pangkalan SD QITA Gelar Kegiatan Menarik

Banyumas –  jurnalpolisi.id

Gerakan Pramuka Gugusdepan Banyumas 05.3603 dan 05.3604 yang berpangkalan di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto (SD QITA) Kwartir Ranting Kedungbanteng melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10). Upacara dilaksanakan di halaman sekolah yang berada di Gg. Kampus, Jl. Desa Beji-Karangsalam, RT 05 RW 02, Desa Karangsalam Kidul.

Peserta upacara merupakan peserta didik dari golongan siaga hingga penggalang. Tidak hanya dari SD QITA saja, turut serta pula peserta didik golongan penggalang dari SMP QITA.

Bertindak Pembina Upacara adalah salah satu pembinanya Tofik Hidayat. Ia menyampaikan arti pentingnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dijelaskan bahwa dengan hari ini, masyarakat diingatkan kembali untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila.

“Sebagai generasi saat ini, kita harus mempertahankan Pancasila sebagai warisan pendiri bangsa. Caranya bagaimana? Mari kita tanamkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa kita dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik yang dipandu langsung oleh kepala sekolah SD QITA, Cecep Supriatno selaku ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus). Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kegiatan.

“Golongan Penggalang di pos nonton bareng dan diskusi terkait peristiwa G30S PKI. Sementara golongan siaga membuat poster Pancasila dalam ukuran jumbo,” katanya.

Peserta didik juga disediakan pos untuk melafalkan Pancasila secara nyaring dan pos menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

“Tujuannya, agar peserta didik hafal dan nantinya terpatri dalam hati mereka,” pungkasnya. ( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *