DODDI, ST. MH Anggota DPRD Kabupaten Agam Menyerahkan Dana POKIR Untuk Pertanian.

Agam Sumbar  –  jurnalpolisi.id

DODDI, ST. MH Anggota DPRD Kabupaten Agam Sumatera Barat, menyerahkan dana POKIR untuk pertanian, betempat di lahan kelompok Tani Ancak Basamo nagari padang tarok kecamatan baso.

Anggota DPRD kabupaten agam tersebut dari Fraksi Demokrat Nasdem, menyerahkan bantuan ini sekaligus ditandai dengan acara makan siang bersama.

Acara ini di hadiri kepala dinas kabupaten agam pada kesempatan ini di wakili oleh Imrefli, SP Kasi pupuk, pestisida dan alsintan, Rio Eka Putra selaku camat kecamatan baso.

Dari pertanian kecamatan baso Gusneti, Koordinator BPP, Sunaryo, SST penyuluh supervisor Fitrina, Amd PPL padang tarok, Yanti PPL simarasok, Zahara Pikadare, Amd PPL koto tinggi,Yenti Marlina Staf BPP dan Mevita, SP petugas POPT.

Juga hadir wali nagari padang tarok Hendri Dt. Bandaro Pucuak beseta perangkat nagari, kelompok Tani Ancak Basamo, ketua kelompok tani Alnetdi beserta jajaran pengurus dan anggota kelompok, hadir dari beberapa media.

Sambutan DODDI, ST. MH menyampaikan bantuan dana Pokir ini antara lain Alsintan dan bibit pertanian bersumber dari dana pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD kabupaten agam.

Beberapa jenis bantuan seperti mesin pengolah lahan (traktor), mesin potong kayu (senso) dan mesin potong rumput juga ada bibit pertanian seperti bawang merah, bibit alpukat, bibit jeruk manis serta plastik mulsa.

Himbauan kepada Pengurus dan anggota kelompok Tani Ancak Basamo, pergunakanlah alsintan ini, jaga sebaik-baik nya sehinga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama sesuai dengan kebersamaan.

Semoga bermanfaat dalam anggota kelompok itu sendiri serta diluar kelompok pun diharapkan dapat juga merasakan manfaatnya dengan sifat pinjam atau sewa silahkan dibuat pengaturannya dengan mekanisme manajemen secara baik.

Kasi pertanian kabupaten Agam Imrefli menyampaikan juga, mengenai Alsintan rawat dan manfaatkan sesuai dengan cara pemakaian, buat buku pemeliharaan serta di lakukan pencatatan secara baik sehinga jelas pemasukan yang didapat harapan kedepan kelompok akan bisa mandiri untuk menambah alsintan baru dengan tahapan swadaya kelompok.

Camat baso Rio Eka Putra menyampaikan dukungan untuk petani seperti alsintan, bibit pertanian ini luar biasa. Tentu di sinergikan dengan kerja sama seluruh lini antara petani dan penyuluh di lapangan agar didapat hasil pertaniang yang lebih baik kedepannya.

Saran dan masukan dari wali nagari padang tarok Hendri DT. Bandaro Pucuak dalam penyampaian, mengingatkan kelompok untuk selalu bekerja sama dengan kompak mempergunakan alat pertanian dengan sebaik-baik nya.

Serta teruslah mengali ilmu pertanian agar dapat meningkatkan hasil pertanian, sehinga pendapatan otomatis akan naik tingkatkanlah inofasi dalam bertani sehinga hasil panen kedepan yang lebih baik lagi.

Arahan koordinator Bu Net dan Sunaryo bantuan yang ini akan memacu semangat kelompok Ancak Basamo untuk menjaga kekompakan, meningkatkan lahan-lahan baru dan terus berkoordinasi dengan penyuluh pertanian agar tahapan mulai dari pengolahan lahan sampai proses panen berhasil dan berdaya guna.

Berkembang diskusi DODDI, ST. MH berharap kepada kelompok dari penanaman yang telah dilakukan selama ini seperti tanaman jahe, jagung, ubi jalar, serta bawang merah kita berharap lahan pertanian di perluas lagi dan tersentral.

Dan juga meminta kepada pemerintah daerah khususnya dinas pertanian profinsi, kab. agam, PPL dan seluruh pihak yang terkait khusus tentang tanaman padi untuk dapat fokus dalam mengatasi pemberantasan hama tikus.

Banyak sekali masyarakat tani kita yang gagal panen khusus padi, ini berdampak kepada keraguan petani untuk menanam padi kedepannya karena masyarakat tani kita telah ketakutan mengalami kerugian (trauma).

Dengan kerja semua pihak kedepannya kab. Agam bisa meningkatkan hasil panen dari berbagai jenis komuniti baik pertanian maupun perkebunan. Sehingga lumbung ketahanan pangan di kab. agam terjaga untuk kedepannya.( Syafrianto Kabiro Agam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *