Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Agam Menerima Peserta Studi Komparatif Peningkatan Mutu Pendidik SPNF-SKB dari Dharmasraya .

Agam Sumbar  – jurnalpolisi.id

Sebanyak 43 orang pendidik dan tenaga kependidikan Kab Dharmasraya datang ke Kab Agam, dengan judul Studi Komparatif Peningkatan Mutu Pendidik SPNF-SKB Kab Dharmasraya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat 07 Okt 2022 yg dipusatkan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) Air Mata Ibu, yg beralamat di Padang lua Agam.

Rombongan studi komparatif tersebut dipimpin oleh Kabid Paud dan PNF Dinas Pendidikan Dharmasraya, Zulfahmi, S.Pd dgn anggota Pjbt Struktural, Penilik Luar Sekolah, Pimpinan PKBM, Kepala SPNF-SKB, Tutor, Pamong belajar, dan tenaga kependidikan lainnya.

Sementara itu dari Kab Agam diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Isra, M.Pd, Kabid Paud/Dikmas Nashendri, S.Pd, Pejabat Fungsional Heni Marheni, S.Pd, Ketua IPI Hendra, S.Pd serta pimpinan PKBM Air Mata Ibu Nelyta, S.Pd beserta tutornya.

Drs. Isra, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kab. Agam Pesona Yg Beragam, tepatnya di PKBM Air Mata Ibu Padang lua.

Kehadiran rombongan Studi Komparatif merupakan Kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami pemkab Agam dengan melalui studi ini tentu akan dapat digunakan utk saling berbagi tentang pengelolaan pendidikan, khususnya pendidikan kesetaraan/pendidikan non formal.

Selanjutnya Kadisdikbud Agam juga menyampaikan profil singkat Kab Agam, dari segi alamnya, Agam sangat lengkap, yaitu mempunyai Gunung, pantai, danau, ngarai dan lembah dan
banyak objek wisata di Agam, yaitu, Ngarai Sianok, Puncak Lawang, Linggai Park, Pantai Tiku, Museum Rumah kelahiran Buya Hamka, Banto Royo, Ikan Sakti Sungai Janiah.

Untuk itu selesai studi komparatif , diharapkan bisa mengunjung objek wisata yg ada di Kab Agam, sementara itu utk Pendidikan kesetaraan, Agam memiliki 13 PKBM, Dan 1 SPNF – SKB, ada 3 LKP, 17 org penilik,peserta didik kesetaraan sekitar 1350 org, dan sekitar 132 tutor/pamong.

Dan dari 13 PKBM yang ada, PKBM Air Mata Ibu merupakan yg terbanyak warga belajarnya yg saat ini sebanyak 513 orang WB, dan kualitas atau mutunya juga bagus.

PKBM ini sudah melaksanakan kurikulum merdeka, dan tutornya sudah aktif menggunakan Platform Merdeka Mengajar.

Pimpinan PKBM Air Mata Ibu dalam paparannya menjelaskan bahwa PKBM tersebut Sdh berdiri sejak tahun 1992. Banyak lulusan PKBM ini yg diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.

Juga banyak yg sudah bekerja baik di Pemerintahan maupun di swasta, dalam mengelola, PKBM ini selalu merespon dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Pihak rombongan studi komparatif yang disampaikan oleh Zulfahmi S.Pd mewakili Kadis Pendidikan Dharmasraya, merasa bersyukur bisa studi ke Kab Agam, khususnya PKBM Air Mata Ibu.

Dari referensi yg beliau baca, PKBM di Kab Agam sangat berkualitas dan banyak warga belajarnya, bahkan menurut beliau PKBM Air Mata Ibu yg terbesar di Sumbar.

Kami sangat beruntung bisa datang kesini, katanya, banyak yg bisa kami contoh dan vawa ke Dharmasraya, kemudian beliau juga sangat salut dengan komitmen Pemkab Agam dalam bidang pendidikan, hal ini terbukti dengan banyaknya lembaga pendidikan baik formal maupun non formal di Agam.

Kami bertekad untuk mencoba mengimplementasikan untuk memajukan pendidikan di Dharmasraya, katanya.

Dalam menutup Pertemuan studi komparatif tersebut, Kadis Dikbud Agam berharap sekali agar silaturrahmi antara Agam dan Dhrmasraya tetap terjalin denga erat.

Jika ada yg baik silakan bawa ke Dharmasraya, tetapi jika ada yg kurang mhn disampaikan kpd kami dan jangan di tiru. Katanya.(Syafrianto Kabiro Agam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *