Anjangsana Babinsa Berikan Motivasi Kepada Pengrajin Bata Merah

Aceh Tenggara – jurnalpolisi.id

Untuk meningkatkan usaha batu bata merah milik warga, Serda Parlaungan Siregar bersama rekan babinsa Koramil 03/Badar jajaran Kodim 0108/Agara membantu warga membuat batu bata milik Umar Ali (53) warga Desa Kumbang Jaya Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara, Minggu (02/10/22).

Usaha batu bata merah, merupakan usaha yang cukup potensial untuk dikembangkan, karena usaha ini telah menciptakan lapangan kerja dan dapat menyerap tenaga kerja di daerah.

Dalam proses pembuatan batu merah yaitu adonan tanah liat yang basah, dipadatkan dan dicetak dengan cetakan kayu,
kemudian diangin -anginkan hingga setengah kering. Setelah setengah kering, batu bata mentah ini kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, barulah kemudian dibakar.

Batu bata yang matang ini memiliki warna oranye (jingga) kemerahan sehingga disebut dengan nama yang kita kenal batu bata merah.

Setelah dingin, batu bata merah ini barulah didistribusikan kepada para penyalur dan juga para penjual atau toko-toko bahan bangunan.

Hal ini dijelaskan oleh Bapak Umar Ali (53), pemilik pengrajin batu bata merah myampaikan bahwa, ia sudah menjalankan usaha batu bata merah sejak tahun 2010.

Serda Parlaungan Siregar, memberikan motivasi serta mempelajari pembuatan batu bata merah milik Pak Umar Ali, guna bisa disebarkan ke masyarakat.

Adapun Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu kegiatan inovatif , selain nantinya menambah semangat dan moril para pengrajin batu bata merah.

“Harapannya dengan adanya Babinsa di tengah-tengah usaha masyarakat, dapat menambah semangat dan meningkatkan hasil produksi bata merah kususnya wilayah binaannya,” ujar Babinsa.

Liputan Hamidan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *