132 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1621/TTS Dikukuhkan

NTT, jurnalpolisi.id

Dandim 1621 TTS Letkol Arm Roni Hermawan di Wakili Pamong Saka Wira Kartika Serma Yupiter Tefi saat menyematkan lambang Saka Wira Kartika di lengan baju kiri sebagai bukti telah dikukuhkan.

Sebanyak 132 anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Kartika dikukuhkan oleh Kodim 1621/TTS, Sabtu (29/10) lalu. Bertempat di Makodim, prosesi pengukuhan yang ditandai dengan penyematan lambang Saka Wira Kartika di lengan baju kiri anggota pramuka tersebut berlangsung khidmat.

Namun sebelum dilakukan pengukuhan, terlebih dahulu calon anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang penuh dengan tantangan dan rintangan pada minggu sebelumnya, Sabtu (22/10).

Diawali upacara tradisi penerimaan anggota yang dipimpin oleh Dandim 1621/TTS Letkol Arm Roni Hermawan Minggu lalu selanjutnya dilanjutkan dengan latihan dasar (latsar) militer, pengetahuan krida-krida SWK, jalan kaki sejauh 10 kilometer,menuju Air Terjun Oehala.

Saat ditemui Dandim Hermawan, melalui Serma Yupiter Tefi, bahwa anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan anggota-anggota pramuka terbaik dari anggota pramuka lainnya yang ada di Kota TTS, Pasalnya untuk menjadi anggota Pramuka binaan Kodim 1621/TTS ini harus melewati proses yang tidak mudah dan tidak ringan. Dibutuhkan jiwa perjuangan dan keprajuritan yang harus terpatri dalam jiwa setiap anggota Saka Wira Kartika.

Dengan adanya pengukuhan ini, saya harap bisa menjadi tonggak awal maupun pemicu motivasi untuk melakukan kegiatan nyata di masyarakat,” Ujarnya

Selanjutnya ia juga berharap, setelah dikukuhkan para anggota Saka Wira Kartika nantinya bisa berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Serta ilmu yang telah didapatkan selama pembekalan, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya harap adik-adik bisa menjadi kebanggaan orang tua di rumah, kakak-kakak Pembina di Kodim, dan bisa menjadi contoh baik di masyarakat. Saya ucapkan selamat semoga Allah meridoi kita dalam setiap langkah dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” Pungkasnya.

Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. Satuan karya ini dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat (AD). Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran pendidikan bela Negara, melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Membentuk Patriot Bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai. Saka Wira Kartika sendiri memiliki 5 krida yaitu, krida navigasi darat, krida pioneering, krida mountainering, krida survival, serta krida penanggulangan bencana.

Editor : RoyS
Sumber : Pendim 1621/TTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *