PPP Brimob Didukung Satlantas Polresta Manado Gelar Sosialisasi Tiblantas di TK Pinaesaan GPI

Manado  –  jurnalpolisi.id

Dengan mendapat dukungan dari Polresta Manado, Perhimpunan Putra Putri (PPP) Brimob menggelar Sosialisasi Tiblantas (tertib berlalulintas) di Taman Kanak-kanak (TK) Pinaesaan Griya Paniki Indah, Manado, Rabu (28/9/2022).

Sebanyak hampir 60 dari 62 murid TK pimpinan Amelia Yola Rumawir, S.Pd.K ikutserta dalam kegiatan sosialisasi yang menampilkan Ipda Noviandy Hiola dari Satlantas Polresta Manado dan Ketua PPP Brimob Lexie Kalesaran sebagai narasumber/pembicara.

Saat membawakan materi, Kalesaran menjelaskan latar belakang mengapa murid- murid TK perlu mendapat bekal pengetahuan tentang Tiplantas (tertib berlalulintas) termasuk Kamsel (keamanan dan keselamatan berlalulintas), sebagaimana diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009

PPP Brimob berkeinginan agar Tiblantas dibudayakan termasuk kepada murid-murid TK, yang adalah generasi penerus bangsa. “Bila murid-murid mulai dari TK telah dierikan bekal pengetahuan tentang Tinlantas dan Kamsel maka diharapkan kelak mereka jadi pelopor Tiblantas.

Selain itu, minimal dengan pengetahuan yang mereka dapat sedari dini akan bermanfaat bagi mereka. “Apalagi, bekal yang diberikan bukan hanya teori semata tapi diikuti dengan peragaan dan simulasi menyeberang lewat zebra cross,” ujar Kalesaran kepada wartawan, usai kegiatan.

Ipda Hiola, dalam pemaparan materinya, juga memberikan contoh-contoh bagaimana ranbu-rambu lalulintas yang ada, yang terpasang di pertigaan, perempatan maupun yang berada di belokan, tanjakan/turunan atau di tempat-tempat tertentu seperti di depan kompleks sekolah dan lain-lain.

Sejumlah rambu-rambu lalulintas diperlihatkan, Ipda Hiola dan minta ditanggapi/dijawab para murid, yang langsung direspon murid dengan mengacungkan tangan bahkan berebut ingine jawab.

Pemaparan materi dari kedua narasumber/pembicara dilakukan secara interaktif sehingga murid-murid TK Pinaesaan GPI terlihat senang dan berlomba ingin menjawab bila ada pertanyaan dari narasumber/pembicara.

Lebih menarik lagi saat simulasi menyeberang lewat zebra cross. Sejumlah murid ingin melakukan berulang kali.

Orangtua atau keluargq murid berupaya untuk mengambil ganbar atau membuat rekaman video baik saat pemaparan materi maupun saat simulasi menyeberang di zebra cross.

Di dampingi Bunda (istilah pemgajar perempuan TK) Evelien Kumaunang, SS, Bunda Amelia (Kepala TK Pinaesaan GPI) berterima kasih kepada Pengurus PPP Brimob yang didukung Satlantas Polresta Manado telah melaksanakan sosialisasi ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi murid kami baik untuk masa depan tapi juga untuk saat ini, karena mereka, antara lain, jadi tahu tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas,” ujarnya.

(Sof jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *