Munas Perdana JRA Sukses Digelar Yang Dihadiri Tokoh Nasional

Mojokerto –  jurnalpolisi.id

Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan oleh Jamiyyah Ruqyah Aswaja (JRA) berjalan dengan sukses. Berbagai macam agenda Munas terlaksana sesuai rundown acara yang disiapkan. Acara ini digelar selama 3 Hari, yaitu tanggal 23 hingga 25 September 2022.

Gus Nur Alhijr selaku ketua panitia nasional mengatakan bahwa ini adalah kali pertama JRA mengadakan Musyawarah Nasional. Pada Munas kali ini, beberapa agenda antara lain: Sidang pleno tata tertib Munas, Sidang komisi yang terbagi 3: Komisi Yayasan, Komisi Program, dan Komisi Rekomendasi, Laporan pertanggungjawaban PP JRA Periode 2017-2022, pemilihan ketua umum, dan berbagai acara lain

“ini adalah pertama kali diadakan Munas. Periode Kepengurusan PP JRA yaitu tahun 2017-2022. Dengan diadakan Munas ini, setelah laporan pertanggungjawaban maka seluruh Pengurus Pusat JRA demisioner dan menjadi anggota biasa. Setelah terpilih Ketua umum baru, maka tugas pertama Ketua umum baru adalah membentuk tim formatur yang akan menyusun Kepengurusan baru PP JRA.”,

Hari pertama merupakan pembukaan acara yang dihadiri beberapa tokoh seperti : KH. Said Aqil Siroj, Dr. Haidar Alwi, KH. Agus Salim, KH. Asep Syaifuddin, Gus Barra, dan lain lain. Setelah pembukaan, dilaksanakan Seminar Nasional dengan Tema Ruqyah dan Peradaban oleh Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj (Mustasyar PBNU) dan Dr. Haidar Alwi (Tokoh anti radikalisme). Setelah rehat, dilanjutkan dengan Pembacaan tata tertib Musyawarah Nasional. Hari pertama ditutup dengan hiburan Reog Ponorogo oleh JRA Batoro Katong Ponorogo dilanjutkan Sholawatan bersama Habib Anis Syahab dan Gus Isroqy, Penceramah oleh KH Agus Salim.

Hari kedua dilakukan sidang pleno dan sidang komisi. Sidang komisi terbagi menjadi 3 yaitu : Komisi Yayasan, Komisi Program, dan Komisi Rekomendasi. Peserta Munas dibagi kedalam beberapa komisi tersebut. Setelah sidang komisi selesai, maka dilanjutkan sidang pleno komisi. Hari kedua ditutup dengan hiburan Musik gambus bersama Habib alwi bin Musthofa alhabsy dan Group Gambus Kakek Merah.

Hari ketiga dilaksanakan pemilihan ketua umum. Agenda diawali dengan pembacaan tata tertib pemilihan ketua umum. Setelah itu dilakukan pemilihan ketua umum dengan hak suara 1 Pengurus wilayah memiliki 1 suara dan 1 Pengurus cabang memiliki 1 suara. Hasil akhir didapatkan Ketua umum terpilih yaitu Gus Abdul Wahab. Hal ini langsung ditetapkan dan disetujui oleh Dewan Pembina.

“Saya, Allama Alaudin Siddiqi menyatakan sepakat dan menyetujui Ketua umum terpilih yaitu Gus Abdul Wahab.”, Kata Gus Allama Alaudin Siddiqi yang akrab dipanggil Gus Amak, beliau adalah Mujiz dan pendiri JRA.

Secara simbolis, Gus Amak memberikan surbannya kepada Gus Wahab. Disusul dengan memberikan restu dan do’a Para pembina pusat JRA yaitu: KH. Anwar Syafii dan KH. Qolyubi Dahlan.

Agenda Musyawarah Nasional 1 Jamiyyah Ruqyah Aswaja ditutup dengan acara penutupan yang dihadiri oleh Dewan pembina pusat JRA dan peserta Munas. Dalam kesempatan ini KH. Asep Syaifuddin menyatakan bersedia menjadi Pembina Pusat JRA. Agenda ditutup oleh Gus amak, Mujiz sekaligus pendiri JRA dengan ucapan Alhamdulillah

Gus Alfin selaku Ketua panitia lokal menyatakan rasa syukur nya Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah, acara Munas 1 JRA yang diadakan di Jawa Timur tepatnya di PP Amanatul Ummah Mojokerto berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi tanpa terkecuali, Mulai dari pembina, pengurus pusat, pengurus wilayah, pengurus cabang, peserta Munas, dan lainnya. Juga khusus kepada Beliau sohibul bait yang luar biasa dukungannya yaitu: KH. Asep Syaifuddin.”, tambah Gus Alfin yang sekaligus Ketua PW JRA Jawa Timur.

Semoga JRA ke depan makin jaya. Kepengurusan baru PP JRA dapat membawa JRA lebih baik dan istimewa.

DJUMADI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *