Kampung Tawang Negeri Dapat Bantuan Septic Tank Plus Bilik Dari Kementrian PUPR Yang Bersumber Dari DAK Tahun 2022

Lampung Tengah – jurnalpolisi.id

Sukamto, Kepala Kampung Tawang Negeri Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah pusat melalui Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) yang telah memprogramkan pembangunan Septic Tank Plus Bilik atau WC bagi warganya.

“Saya selaku Pemerintahan kampung Tawang Negeri sekaligus mewakili warga penerima manfaat yang bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitase Kabupaten Lampung Tengah tahun anggaran 2022, Dengan jenis pekerjaan pembangunan Tanki septic skala individual pedesaan minimal 50 Kepala keluarga ( KK ) Mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah karena telah memberikan bantuan tersebut kepada warga kampung saya,” ungkap Sukamto.

Program pengelolaan dan Pengembangan sistem air limbah domistek dalam daerah Kabupaten/Kota dengan anggaran dana sebesar Rp. 420.000.000 (Empat ratus dua puluh juta rupiah), masing-masing titik atau kepala keluarga mendapatkan bantuan Rp. 8.400.000.000,00 (Delapan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) sedangkan waktu pelaksanaan nya selama 120 hari kalender, ujar Sukamto.

Ia bersyukur proses pengerjaan Septic Tank tersebut berjalan lancar, namun saat ini baru terealisasi sebanyak 13 unit dari total 50 unit karena ini bertahap, ucapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada, Supriono selaku Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  kampung Tawang negeri, Karena Bantuan Septic Tank ini bersipat swakelola/padat karya, jadi semuanya kita serahkan kepada KSM yang ditunjuk oleh warga masyarakat, kata Sukamto saat di kunjungi media ini pada Jum’at (9/9/2022) dikantor kepala kampung.

Ia juga mengatakan, bahwa program Prioritas nya sejak ia di Lantik menjadi kepala kampung Tawang Negri. Saya mempunyai tiga program prioritas di antaranya; Pembuatan MCK, Pembuatan Puskesdes dan Sarana air bersih, Alhamdulillah untuk kampung Tawang negeri yang sudah mempunyai WC sebanyak 89 KK dengan rincian pada tahun 2020 mendapat bantuan sebanyak 20 unit, yang bersumber dari APBD , tahun 2021, mendapatkan bantuan sebanyak 19 unit WC dari dinas kesehatan, Kemudian pada tahun 2022 ini kampung mendapatka sebanyak 50 unit WC Septic Tank, jadi untuk kampung Tawang negeri yang belum mempunyai WC Septic Tank tinggal 15 Kepala kelurga lagi, Insyaallah pada tahun depan bisa terkaper semua dan bisa merata,pungkas Kakam Sukamto.

(Jaini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *