Gencar Kabupaten Labuhanbatu galakkan study TERAP.

Labuhanbatu – jurnalpolisi.id

Dalam upaya Peningkatan ekonomi Kerakyatan sekaligus mendukung Peningkatan Pendapatan daerah dinas PMD kabupaten Labuhanbatu Lagi giat – giatnya lakukan study TERAP Pada seluruh Pemerintah desa di Labuhanbatu Ke beberapa desa dinilai potensi indonesia.

Hal tersebut jelas ditinjau dari sejumlah PJ desa Beserta Ibu PKK desa Ke pulau wisata Bali, Bendahara desa, disusul lagi Keberangkatan Kepala Desa beserta ibu Pengerak PKK ke dua desa di Kab Wonosobo tepatnya di desa dieng dan desa purba jaya kecamatan patutpatut pada 12 sampai 16/9/2022 kemarin.

Demikian yang disampaikan Kepala Desa sei tampang Asmui bahwa kunjungan 30 Kepala Desa didampingi Ibu PKK ke Desa di kabupaten Wonosobo tersebut mereka melihat bahwa terdapat Desa yang prioritasnya dikelola POK Darwis (Kelompok sadar wisata) sebagai Pembina masyarakat untuk berpartisipasi memanfaatkan sadar wisata sebagai peningkatan ekonomi dan peningkatan Pendapatan daerah.

Terdapat di wisata Nglanggeran kec Patuk gunung kidul yang memiliki wisata gunung api purba terkenal dengan kulinernya yang berbahan baku serba dari cokelat seperti kripik, dodol, kopi dari cokelat serta ragam lainnya.yang telah mencapai pendapatan desa Rp 4 milyar/tahun

Begitu pula di wisata dieng kab wonosobo terkenal dengan kopi purwaceng, penghasil kentang, palawija, serta wisata kawah di puncak gunung. Dan diaeng ini memiliki puncak tertinggi di Jawa Tengah.

Sementara dari kedua desa tersebut jelas telah menggunakan pelayanan masyarakat secara aplikasi sehingga Pendapatan masyarakat dan pendapatan desa dapat terkontrol secara transparan.”terangnya sembari berharap semoga desa di Labuhanbatu dapat berkembang seperti desa desa yang di kunjungi di srsuaikan dengan potensi desa itu pula.

“Dengan adanya Kepala desa yang telah mengikuti pelatihan dan study ke sejumlah wilayah semoga desa yang ada di Labuhanbatu dapat meningkatkan pengetahuan sistem management yang baik dan transparan tentunya diharapkan dapat meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat dengan berbagai kegiatan yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi desanya masing,”tutup Asmui.

Dari sejumlah Kepala Desa yang dikonfirmasi media jurnal polisi ID secara umum menjelaskan bahwa kunjungan yang dilakukan sebagai study TERAP guna mengambil Perbandingan sistem administrasi dari desa yang dinilai berpotensi memiliki sistem Peningkatan ekonomi kerakyatan yang baik, yang mungkin bisa diterapkan di Desa Kabupaten Labuhanbatu,”jelas kepal desa pangkatan tumirin,

(JP/Rusman saprialdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *