Bupati Agam Meresmikan Group Randai Palito Mandeh Jorong Pasar Nagari IV Koto Palembayan Agam.

Agam Sumbar – jurnalpolisi.id

Bupati Agam Sumatera Barat, meresmikan Group Randai Palito Mandeh Jorong Pasar Nagari IV Koto Palembayan Agam, diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Agam, Drs. H. Isra, M.Pd Dt Bandaro.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 16 September 2022 di Lapangan depan SMAN 1 Palembayan Agam, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Agam Terus Bina Kesenian Tradisional.

Bahwa dalam rangka merealisasikan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab Agam Sumatera Barat, Periode 2021 – 2026, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus memacu pengembangan Seni Budaya yang ada di tengah masyarakat.

Kesenian Tradisonal yang ada di lingkungan nagari, perlu dilestarikan dengan cara memberikan pembinaan kepada para generasi muda. Kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki sendiri. Jangan sampai “jalan dianjak urang lalu, cupak dianjak urang panggaleh”.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Agam, Drs. H. Isra, M.Pd Dt Bandaro, saat mewakili Bapak Bupati Agam meresmikan Group Randai Palito Mandeh Jorong Pasar Nagari IV Koto Palembayan, Jumat, 16 September 2022 di Lapangan depan SMAN 1 Palembayan.

Sebagaimana diketahui bahwa “randai” merupakan merupakan salah satu seni tradisional mInangkabau yang dari dahulu tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat. Kesenian ini biasanya banyak diminati oleh pemuda pemudi yang ada di setiap nagari.

Bahwa dipertunjukkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, melakukan langkah kaki secara perlahan, diiringi berbagai gerakan tangan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara bergantian. Pertunjukkan randai itu biasanya pada malam hari.

Kepala Dinas dalam acara Persmian Group Randai Palito Mandeh tersebut mengajak seluruh Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang untuk bahu membahu bersama Pemerintah melestarikan nilai-nilai adat dan seni budaya yang ada di setiap nagari.

Hal ini penting kita wujudkan demi untuk kemajuan nagari masing-masing. Kalau seni budaya di setiap nagari berkembang, akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat. Saat ini banyak wisatawan Dmistik maupun manca negara yang lebih tertarik kepada wisata budaya, dan kuliner, disamping menikmati keindahan alam yang menawan.

Selanjutnya Kepala Dinas menyampaikan Selamat kepada Group Randai Palito Mandeh Nagari IV Koto Palembayan, semoga sukses. Pemerintah Kab Agam berkomitmen mendukung pengembangan berbagai macam group seni yang ada di setiap nagari, seperti group randai, tambua tansa, talempong, rabano, Silek, dan sebagainya.(Syafrianto Kabiro Agam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *