Begini Sambutan Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw MT Di Hadapan 98 Siswa Lulusan P2TIM Angkatan Ke X

Bintuni –   jurnalpolisi.id

Bertempat di gedung serba guna (GSG), Distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat Selasa (27/9/2022). Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw MT dalam sambutanya mengatakan, Mengawali sambutan ini, perkenankan saya mengajak kita semua untuk memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita semua masih dilimpahi berkat dan rahmat-Nya untuk dapat berkumpul

di hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat walafiat dan yang tentunya senantiasa di bawah lindungan-Nya untuk mengikuti acara Pelepasan Siswa Batch 10 P2TIM Teluk Bintuni.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Pendidikan vokasional dan kejuruan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar siap bekerja di bidang yang sesuai dengan kemampuan serta ketrampilan yang didapatkan melalui pelatihan (training), teori dan praktik selama mereka belajar di lembaga vokasi.

Lembaga vokasi sendiri sangat erat kaitannya dengan dunia industry dimana menurut survey Kemendikbud alumni lembaga kejuruan diharapkan dapat menjadi salah satu penyumbang tenaga kerja industry. Adanya perbaikan mutu proses dan output pada lembaga vokasi diyakini mampu menopang pertumbuhan ekonomi suatu daerah yang secara tidak langsung juga mempengaruhi perekonomian suatu negara.

Peran sentral dan strategis dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang handal inilah yang mendorong dan memotivasi Pemerintah Kab. Teluk Bintuni dalam membangun dan menyelenggarakan Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni yang pada hari ini kita saksikan pelepasan alumni angkatan kesepuluh.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Di kabuaten ini akan dibangun kawasan industry berbasis gas bumi yang berlokasi di distrik Sumuri dan merupakan salah satu dari 18 kawasan industry di Indonesia yang ditetapkan sebagai proyek strategis nasional dalam RPJMN 2019-2024.

Untuk mempersiapkan diri agar SDM daerah ini dapat bersaing untuk memperoleh lapangan pekerjaan pada industry padat modal yang dibangun di atas tanah ini, maka sejak tahun 2018 Pemerintah Kab. Teluk Bintuni telah merancang kebijakan pengembangan sumber daya manusia berbasis sumber daya migas di tanah kita sendiri dengan mendirikan Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni bekerjasama dengan Petrotekno dengan didukung oleh SKK Migas dan Pemprov Papua Barat.

Pada kelulusan angkatan kesepuluh hari ini, artinya P2TIM-TB telah membantu pemerintah daerah dalam mendidik dan melatih sekitar seribu pemuda yang saat ini sudah bekerja di berbagai industry di Indonesia bahkan di dunia.

Setelah meluluskan begitu banyak pemuda yang memiliki keahlian dalam bidang teknik industry dan migas, pada angkatan kesepuluh ini, P2TIM membuka jurusan keahlian baru yaitu hospitality yang pada kesempatan ini meluluskan 20 orang murid perempuan. Sekilas kalau mendengar kata hospitality, mungkin banyak di antara kita yang mengira bahwa jurusan ini erat kaitannya dengan rumah sakit.

Padahal, hospitality adalah bidang industry jasa yang mengutamakan keramah-tamahan dalam penyambutan dan pelayanan tamu seperti pada industry perhotelan, industry kuliner serta tour and travel. Adapun peluang dan prospek kerja pada industry hospitality ini sendiri sangat menjanjikan ke depan, karena jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia meningkat sekitar 5-10% per tahun.

Di Bintuni sendiri, diharapkan seiring usaha untuk meningkatkan konektivitas antar daerah dengan pembangunan Bandar udara dan pelabuhan serta tumbuhnya berbagai industry di daerah ini, maka diharapkan ada pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja juga pada industry hospitality, yang mana telah kita siapkan melalui kelulusan angkatan kesepuluh P2TIM-TB.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya mewakili Pemerintah Kab. Teluk Bintuni mengucapkan selamat kepada 98 orang anak-anakku yang diwisuda hari ini.

Hanya satu pesan saya, Teluk Bintuni menanti pengabdian dan ketrampilan kalian di tanah kita sendiri. Melalui kompetensi kalian, bangkitkan industri migas dan industry jasa di Teluk Bintuni.

Saya mendengar bahwa angkatan ini memiliki slogan yang kalian buat sendiri, apa itu bunyinya? Success is our goal, ya? Saya berharap, ini bukan sebatas jadi slogan saja tapi harus jadi tekad yang diusahakan sepenuh hati dan sekuat tenaga.

Jadilah orang yang sukses, anak-anakku. Buatlah bapa mama kalian turut menikmati hasil dari tanah dan laut kita yang kaya. Saya percaya, di tangan kalian Teluk Bintuni bukan hanya akan menjadi kabupaten yang damai, maju, produktif dan berdaya saing. Namun melalui kerjasama dan sinergi kita semua mari kita bangun Jakarta dari Teluk Bintuni!

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Demikianlah sambutan saya pada kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita semua dalam mengemban tugas dan panggilan pengabdian kepada bangsa dan negara menuju Indonesia yang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Selain Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Turut Hadir Wakil Bupati Matret Kokop SH, Forkopinda, Tamu Undangan, Orang Tua Dari ke 98 Siswa P2TIM (Rilis Bidang Humas Protokoler Kabupaten Teluk Bintuni)

 

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *