vaksin PMK Untuk Hewan Ternak Di Batanghari Mulai Berlangsung

Batanghari   –  jurnalpolisi.id

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari mulai menyuntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak sapi.

Dalam kegiatan vaksinasi PMK di Kabupaten Batanghari dimulai hewan ternak di Kecamatan Pemayung usai dilakukan launching oleh Sekda Batanghari Muhammad Azan pada Selasa (26/7/2022).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari, Tuanku Hafiq mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Batanghari telah menerima dosis vaksin dari Provinsi Jambi sebanyak 4.200 dosis untuk delapan kecamatan.

“Hari ini launching pertama di Kecamatan Pemayung untuk tiga desa yaitu Desa Simpang Kubu Kandang, Kubu Kandang dan Desa Serasah,” katanya.

Populasi hewan ternak di Kecamatan Pemayung kata dia berjumlah 800 ekor maka dosis untuk di wilayah ini berjumlah demikian.

“Sapi-sapi yang sehat dan yang terbebas infeksi virus PMK. Usianya dimulai dari 1 tahun,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk wilayah di Kecamatan Batin XXIV dan Mersam akan dijadwalkan pada keesokan harinya.

“Di Batin XXIV ada 500 populasi dan Mersam 600 dosis yang dibutuhkan. Saat ini se-Batanghari ada 36 ribu populasi kalau dihitung dari tingkat populasi jumlah ini tentu tidak mencukupi,” pungkasnya.(s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *