Kenduri Swarna Bumi Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati Batanghari.

BatangHari  – jurnalpolisi.id

Bupati Batanghari membuka secara resmi kenduri Swarna Bumi, di alun-alun pasar Lamo Tembesi , di Kelurahan Pasar Muara, Kabupaten Batanghari.

Bupati Batanghari M.Fadhil Areif dalam sambutannya Bangsa yang besar itu adalah bangsa yang menghargai sejarah.

Menurut penggalian sejarah oleh kawan-kawan di lapangan bahwa waktu dulu, di tembesi ini ada beberapa orang cina. orang cina ini lah yang mengajar kita bagaimana caranya berdagang, sebelum masuknya orang belanda.

Dan sempat ada kabar berita Sulthan Taha Pahlawan kita dari Provinsi (jambi) Sempat Bertempur di sini dan masih banyak lagi Peninggalan sejarah yang lainnya yang ada di Tembesi ini.

Saya ingat kata bupati ” waktu dulu kami warga terusan kalau mau pergi belanja ke pasar tembesi ini , dengan transportasi Perahu atau naek ketek, dan satu lagi yang saya inggat lagi ” waktu kecil kalau lagi sakit berobatnya orang-orang dulu datangnya kerumah almarhum Pak Drajat yang rumahnya di Tembesi ini juga” Kata bupati “

Pusat Pertumbuhan Perdagangan ekonomi Batanghari asal Muasalnya ada di sini , ini yang menjadi nilai Polosofinya tinggi, dan memori itu kita kaitkan Pusat Perdagangan dengan Georapis Perubahan dan tapi sejarah itu Perlu kita inggatkan kembali, salah satunya mengingatkan kita sejarah dengan mengadakan kegiatan dan Melestarikan Peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di sini,”tegas Fadhil Arief.

Dan bagaimana kedepannya di Tembesi Lamo ini bisa menjadi cagar budaya, walaupun ada keterbatasan kita untuk menyentuh nya, tapi kita tetap kordinasi dengan Pemerintah Pusat, karena nilai budaya di sini tinggi dan meyakinkan Pemerintah Pusat bahwa budaya Batanghari itu ada di sini paparnya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Batanghari Bahkriar, Sekda, M.Azan, Ketua TP PKK Ibu Silva para ,Wakil Ketua TP PKK Nuraini, OPD dan tamu undangan lainnya.(s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *