Bupati Agam Mewujudkan Agam Yang Lebih Maju, Semakin Menjadi Kenyataan Salah satu prioritas.

Agam Sumbar  –  jurnalpolisi.id

Sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Agam Sumatera Barat dibawah Pimpinan Bupati Dr. H. Andri Warman, MM yaitu mewujudkan Agam yang lebih maju, semakin menjadi kenyataan.

Dan salah satu prioritas yang ditetapkan beliau untuk peningkatan SDM, adalah pemberian bantuan biaya hidup bagi mahasiswa yang berasal dari Kab Agam.

Program ini sudah dimulai pada tahun 2021 dengan memberikan bantuan biaya hidup kepada Mahasiswa yang diterima pada berbagai perguruan tinggi bergengsi di tanah air dengan jumlah bantuan yang disalurkan untuk tahun 2021 sebanyak 110 orang.

Besar bantuan per orang sebesar Rp. 750.000,- per bulan untuk yang kuliah di Sumbar, Rp. 1.000.000 per orang per bulan untuk yang kuliah di luar Sumbar di Pulau Sumatera, dan Rp. 1.250.000 per orang per bulan untuk yang kuliah di pulau Jawa dan pulau lain diluar Sumatera.

Bantuan diberikan selama 4 tahun dengan syarat nilai IP rata-rata tidak boleh kurang dari 3,00 setiap smesseleksi administrasi dan untuk tahun 2022, saat ini sudah mulai diproses dan berdasarkan proses pendaftaran sampai pada tanggal 15 Agustus 2022, tercatat sebanyak 460 orang Mahsiswa dari Kab Agam.

Bagi yang berminat memperoleh bantuan biaya hidup ini, memasuki tahun kedua, peminat untuk program bantuan biaya hidup bagi mahasiswa ini cukup meningkat, sementara target yang akan dicapai maksimal 100 orang.

Sesuai dengan tahapan yang ditetapkan, dan memperhatikan persyaratan yang ditentukan yaitu, Pintar/berprestasi, Berasal dari keluarga kurang mampu, Anak Yatim/Piatu/ ditinggal ayah/ibu.

Lulus SNMPTN dan SBNMPTN
BerasaL dari Kab Agam (dibuktikan dgn KK/KTP)
Setelah proses seleksi Administrasi, sebanyak 368 orang dinyatakan lulus administrasi dan selanjutnya dilaksankan Verifikasi lapangan oleh TIM yang dari Pemda dan BAZNAS Agam yang berjumlah 12 orang.

Tinjauan/Survey lapangan dilakukan oleh 6 tim, dan setiap Tim beranggotakan 2 orang. Verifikasi lapangan ini berlangsung dari tanggal 25 s.d 31 Agustus 2022. Diharapkan awal September 2022 sudah bisa ditetapkan calon penerima dengan Surat Keputusan Bupati Agam.

Dan informasi Media dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuyaan Kab.Agam Isra, mengatakan, karena Kadis Pendidikan dan Kebudayaan sebagai ketua Tim Seleksi Calon penerima Bantuan Biaya Hidup Mahasiswa Agam Maju.

Sebagaimana kita ketahui bahwa program ini sengaja diperioritaskan untuk mewujudkan SDM Kab Agam yang berkualitas. Apabila tiap tahun dibantu sebanyak 100 orang Mahasiswa dari keluarga kurang mampu, tentu dalam 4 tahun terdapat 400 orang Mahasiswa yang memiliki pendidikan setingkat Sarjana/D4. Hal ini sudah barang tentu akan membawa kemajuan untuk Masyarakat Agam ke depan, Amin.( ANTO )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *