Perempuan Ambil Andil Jadi Calon Kades di Desa Lotas

Lotas, jurnalpolisi.id

Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan 25 Juli mendatang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Pilkades serentak ini diikuti sebanyak 136 desa di 32.Kecamatan dan salah satunya adalah Desa Lotas Kecamatan Kokbaun.

Yang cukup menarik di Desa Lotas ada sesosok figur srikandi yang memiliki potensi dan berkomitmen tinggi untuk mengutamakan kepentingan masyarakat.

Satu-satunya dan yang pertama calon kepala desa (cakades) perempuan di Desa Lotas ini sosok yang ramah dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga diterima semua kalangan baik golongan tua maupun muda ini adalah Petronela Fatin, S.Pd.

Ketika awak media menyambangi kediamannya di Desa Lotas, Senin (4/7), Petronela menyambut kedatangan awak media dengan ramah.

Mengawali pembicaraan, Srikandi Lotas ini menyatakan berangkat dari belum maksimalnya pembangunan di tingkat desa khususnya Desa Lotas, dirinya merasa terpanggil untuk mengabdikan diri dengan mengikuti bursa pencalonan Kepala Desa (Kades) Lotas Kecamatan Kokbaun.

“Puji Tuhan, saat pengundian nomor urut, kita mendapatkan nomor urut 3,” ujarnya.

Petronela mengungkapkan, dirinya maju pada pilkades bukan serta merta begitu saja. Disamping adanya dukungan dan permintaan masyarakat sekaligus masih banyaknya kekurangan di desanya seperti belum maksimalnya pengelolaan sumber daya alam (SDA) di desa, pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan belum meratanya pembangunan antar dusun.

Disinggung mengenai visi dan misinya sebagai calon kepala desa, Petronela menjelaskan visinya yakni ‘Gotong royong membangun desa yang jujur, Adil, Sejahtera. Berbudaya dan Berakal mulia.

Dengan niat yang tulus, Petronela mengajak masyarakat Lotas untuk bangkit bersama menuju perubahan. “Untuk mewujudkan perubahan itu, kita siap meningkatkan pembangunan desa di segala sektor,” ujar Petronela Fatin, S.Pd yang akrab disapa Nela ini dengan semangat.

Selanjutnya, ia mengungkapkan, untuk mewujudkan visi tersebut, dirinya juga sudah menyiapkan berbagai misi, diantaranya:
1. Mewujudkan Pemerintahan desa yang Jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
2. Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat desa Lotas.
3. Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa Lotas.
4. Mewujudkan sarana dan prasarana desa Lotas yang memadai.
5. Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa Lotas.
6. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa Lotas yang maksimal.
7. Meningkatkan kehidupan desa Lotas secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan.

“Saya berharap kepada seluruh sanak famili dan seluruh masyarakat Desa Lotas, mohon doa dan dukungannya pada tanggal 25 Juli 2022 nanti coblos nomor urut 3” tukasnya. (Roy Saba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *