Normalisasi Kali Ciputat di Kelurahan Cipayung Bakal Dilaksanakan Bulan Juli 2022

Tangerang Selatan – jurbalpolisi.id

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK), bakal mengerjakan normalisasi kali Ciputat, untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor di pemungkiman Kelurahan Cipayung. Hal ini disampaikan pada saat pertemuan dengan RT/RW serta tokoh masyarakat di Kantor Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (20/6/2022).

Sekretaris Camat Ciputat, Mamat, menjelaskan, “Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan rencana kami dalam melakukan normalisasi kali Ciputat. Kami berharap ada umpan balik dari hadirin, agar proyek ini berjalan lancar, karena proyek ini pasti menimbulkan dampak sosial dan lingkungan”. Jelasnya saat membuka pertemuan ini.

Kepala Bidang SDABMBK, Eka Pribawa, pada pertemuan ini mempresentasikan Expose Paket Pekerjaan dari 3 proyek normalisasi kali yang berlokasi di Nerada Estate, Perumahan Payung Mas, dan Perumahan Polisi Udara. Proyek dengan total nilai 12,4 milliyar ini akan dikerjakan oleh CV. Dhifalfar Cipta Mandiri pada 1Juli 2022 sampai dengan 31 Desember 2022. “Di Nerada Estate kami akan mendalami kali, memperbaiki turap, serta menguatkan pondasi kali yang berbatas dengan rumah warga. Perbaikan tanggul akan dilakukan di Perumahan Payung Mas, dengan ketinggian tanggul yang disesuaikan. Untuk Perumahan Polisi Udara kami akan menguatkan tanggul-tanggul yang ada.

Kurniawan, Tokoh Masyarakat yang turut hadir dalam perhelatan ini, mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Daerah yang cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada. “Dampak sosial dari proyek ini memang ada, namun dapat diatasi dengan kekompakan bersama. Pengurus lingkungan, yang juga merupakan anggota Pokdar Kamtibmas dapat menginformasikan manfaat proyek ini kepada masyarakat”. Imbuhnya.

Lurah Cipayung, Darwin, menyambut baik proyek ini. ” Kami dari kelurahan sudah melakukan survey ke lokasi, dan berkomunikasi langsung dengan warga yang terdampak. Proyek ini diharapkan berjalan dengan baik, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”. Pungkasnya.

Ketua Forum RT/RW Kelurahan Cipayung, Mulyadi Widodo, mengulas secara singkat kronologis rubuhnya turap milik Perumahan Griya Satwika Telkom  yang terjadi pada tahun lalu (12/6/2021). Turap tersebut meruntuhkan 3 rumah warga di Nerada Estate, dan juga membendung kali yang menyebabkan banjir di Perumahan Payung Mas. “Normalisasi kali Ciputat harus disegerakan, untuk tindakan preventif”. Jelasnya.

Menutup pertemuan ini, Camat Ciputat, Bachtiar Priambodo, berupaya untuk mengalokasikan dana untuk perbaikan 3 rumah yang tertimpa turap. ” Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk perbaikan rumah yang tertimpa turap yang rubuh. Selama ini hanya ada alokasi dana untuk bedah rumah “. Tegasnya.

JPN(BryandMU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *