Polres Pati Apel Ketupat Candi di Halaman Stadion Joyo Kusumo Pati.

Pati – jurnalpolisi.id

22 April 2022 pukul 07.45 WIB di halaman Stadion Joyo Kusumo Pati giat Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Ops Ketupat Candi 2022 dengan Pimpinan Apel Bupati Pati H. Haryanto, SH., M.M., M.Si.

Apel dipimpinan oleh Bupati Pati H. Haryantio ,SH., M.M., M.Si. dengan Perwira Apel : AKP Adis Dani Gatra, SIK., MH. (Kasat Lantas) dan dikomandani oleh AKP Sugihantoro , SH., MH. (Kasat Samapta).

Hadir juga sebagai tamu undangan dari Forkompimda Plus , Para Kabag dan PJU Res. Pati, Dan Kompi IV Brimob Pati,Dansubdenpom Pati. Kadinkes ,Kasatpol PP ,Kadishub ,Kepala Jasa Raharja Pati, Ketua MUI Kab. Pati ,Ketua FKUB Pati, Ketua Orari Kab. Pati Ketua Senkom Kab. Pati, dan Ketua Rapi Kab. Pati .

Bupati Pati H. Haryanto, SH., M.M., M.Si. selaku pimpinan Apel membacakan amanat Kapolri yang intinya mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas terlaksananya operasi ketupat 2022

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, “perayaan hari raya idul fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya idul fitri 1443 /tahun 2022 pada tgl 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama idul
fitri pd tgl 29 April dan tgl 4 s/d 6 Mei 2022. Pada tahun ini pemerintah beri kelonggaran untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga”.

” kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” imbuhnya.

“Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, namun perlu tetap ditegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus waspada dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi covid-19 menjelang pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 shg diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dlm merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H/tahun 2022. Kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan covid-19 dengan terus menggelar giat vaksinasi utk mengejar target pada 30 April 2022 khususnya wilayah jawa dan bali mencapai 100% untuk dosis 2, booster 30% dan lansia 70% disertai dengan berbagai upaya pencegahan utk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi covid-19 ” ucap Bupati.

Lanjut Bupati “Strategi untuk mengendalikan penyebaran covid-19 menjelang, pada saat dan sesudah idul fitri 1443 H/tahun 2022 hrs dpt dilaks dengan baik, dengan melakukan langkah-langkah,
a. Melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap Prokes 3M;
b. Mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang dan harus benar- benar digunakan.
c. Melaks penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah idul fitri di masjid-masjid maupun di lapangan.
d. Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyatakat pengguna moda transportasi terlindung dari bahaya penularan Covid-19;
e. Melakukan testing, tracing, dan treatment thd kasus yg terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI dan Pemda utk malakukan isolasi mandiri, isolasi terpusat, atau perawatan di rumah sakit rujukan sesuai dg standar yg ada.
f. Melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan layanan vaksinasi serta isolasi sementara di posyan.
g. Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada kab/kota yang belum mencapai target.
h. Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pd jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya”.

Dalam giat juga digelar Sarpras pendukung Ops Ketupat Candi 2022 berupa kendaraan dinas R2 dan R4 dari Satsamapta Satlantas dan Brimob, KBM AWC, KBM Public Address serta perahu karet Satpolairud.

(Mury)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *