Dinas Sosial Kota Gunungsitoli Laksanakan Penyaluran BSS Bagi Masyarakat Fakir Miskin Yang Telah Terdaftar di DPT

Gunungsitoli – jurnalpolisi.id

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin ‘Arosa Parulian Rahman Zebua, SH’ bersama rekan Tim Dinas Sosial Lakukan Penyaluran Bantuan BSS Kepada Masyarakat Miskin yang telah terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Gunungsitoli, Rabu (20/042022).

Terangnya Pak Arosa Zebua Menyampaikan, “Tidak semua Data Kepala Keluarga yang telah terdata di Dinas Sosial dapat menerima bantuan Sosial dan melalui seleksi mengingat anggaran yaang terbatas maka tidak semua masyarakat yang telah terdata menerima bantuan sosial ini. Masih banyak lagi daerah-daerah lain yang menerima bantuan sosial dari mentri sosial”.

Sekarang ini penyaluran BPNT (Bantuan Penyaluran Non-Tunai) bulan Mei yang biasanya di ambil di warung atau BRI-Link, Tetapi pada awal 2022 ini, Bantuan Sosial disalurkan secara tunai (untuk sementara) dengan istilah ‘BSS (Bantuan Sosial Sembako)’. Ungkapnya

Pada bulan Mei ini, penerimaan BSS dari Dinas Sosial bukan hanya bantuan uang Rp. 200.000 yang mereka terima melainkan tambahan bantuan Minyak Goreng sebesar Rp. 300.000. Sehingga total Bantuan Sosial yang diterima oleh DPT sebesar Rp. 500.000/KK. Penyaluran Bantuan BSS ini dari Kementrian Sosial dan sebagai mediasi atau fasilitator. Dan jumlah masyarakat yang menerima Bantuan BSS ini kurang- lebih sebanyak 11.000/KK di seluruh kecamatan dan desa di bawah naungan wilayah Kota Gunungsitoli yang telah terdaftar sebagai penerima BSS.

Dalam keterangannya, ia mengharapkan kepada masyarakat Kota Gunungsitoli dan kementrian sosial Pusat, “Harapan kami, kepada masyarakat Kota Gunungsitoli khususnya agar menggunakan bantuan BSS memang untuk kebutuhan pokok keluarga. Jangan dialihkan untuk membeli yang tidak bermanfaat. Misalnya membeli rokok, minuman keras, dll. Sehingga menunjang kebutuhan ekonomi masyarakat yang sedang mengalami kesulitan,” Tegasnya.

Lanjutnya, “Harapan kami untuk pemerintah pusat. Semoga penerima bantuan BSS ini, jangan dikurangi lagi. Bulan kemarin saja dari tahap pelaksanaan bulan Januari sampai Maret jumlah penerima BSS kurang-lebih 12.787 KK. Jangan ada dikurang-kurangi. Tetapi Ditetapkan pada angka itu, bila perlu ditingkatkan jumlah peserta penerima BSS khususnya di wilayah Kota Gungngsitoli,” Tutupnya.

Press Release : Rusman Jaya Zendrato

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *